BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Tuesday, September 24, 2013

Belajar Atasi Banjir, Jokowi Kirim Stafnya ke Rotterdam

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggandeng Wali Kota Rotterdam, Belanda, Ahmed Aboutaleb untuk mengatasi banjir di Jakarta. Bentuk kerja sama itu tertuang dalam Minute of Agreement (MoA) Jakarta-Rotterdam di bidang tata air periode 2013-2015. 

Seusai penandatanganan MoA di Balaikota Jakarta, Senin (23/9/2013) pagi, Jokowi mengatakan bahwa kerja sama kedua kota sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 1986. Yang menjadi pembeda, jika sebelumnya kerja sama di bidang manajemen dan pengelolaan air, kini Jokowi menjajaki pendalaman pengetahuan soal pengendalian banjir di Jakarta.
"Kerja sama kita kali ini meliputi dua hal, yaitu peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan sumber daya air perkotaan melalui program pelatihan," ujar Jokowi.
Langkah konkretnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengirim beberapa stafnya ke Rotterdam untuk mempelajari beberapa hal. Mereka akan mempelajari pengetahuan manajemen sumber daya air kota besar, perencanaan tata ruang sekaligus infrastruktur serta pengembangan pelabuhan.
Meski demikian, Jokowi belum mengetahui teknis kerja sama tersebut, terutama menyangkut jumlah orang yang akan dikirim, dari dinas mana saja, dan sebagainya. "Belum, nanti diatur. Saya pun juga mau belajar," ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb mengapresiasi positif kerja sama tersebut. Menurutnya, dengan cara pertukaran informasi bagaimana manajemen pengendalian banjir yang baik, pihaknya dapat membantu Jakarta keluar dari masalah banjir.
"Saya percaya Jakarta bisa. Jakarta itu kota yang kuat, Indonesia negara yang bagus. Kita pun hanya bisa membantu dalam hal pertukaran informasi," ujarnya.
Editor : Laksono Hari Wiwoho



  • Penulis : Fabian Januarius Kuwado
LINK SOURCES: KOMPAS.COM
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger