BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, October 4, 2013

Peci Gus Gur ke Jokowi Soal Nilai, Bukan Sekadar Dukungan


Jokowi

JAKARTA, – Pendapat Wasekjen PKB Malik Haramain yang mengatakan bahwa PDIP akan menjual isu pemberian peci Gus Dur kepada Jokowi, dibantah seorang Gusdurian, Irfan Riza, anak seorang kyai NU. Menurutnya,  peci tersebut adalah simbol nilai, bukan sekadar dukungan.


“Terlalu naif kalau pemberian peci ditafsirkan sebagai dukungan. Yang benar, simbol nilai bahwa perjuangan Gus Dur, kini diteruskan oleh seorang bernama Jokowi,” ujar Irfan, Ketua DPP Barisan Relawan Jokowi Presiden (Relawan Jokowi atau Bara JP), di Jakarta Selasa 1/10.

Menurut Riza, adalah sangat naif jika Wasekjen PKB menganggap Gus Dur hanya sebagai milik PKB. Sama seperti Soekarno yang bukan hanya milik PDIP, tetapi milik semua bangsa. “Lagi pula, apakah pantas PKB sekarang dianggap mewarisi nilai Gus Dur?” katanya dengan nada tanya.

Apakah PKB meninggalkan Gus Dur, atau Gus Dur meninggalkan PKB, menurut Irfan Riza bukan sesuatu yang perlu dijawab dengan kata-kata. Tinggal melihat nilai yang dianut oleh PKB sekarang, apakah sesuai dengan harapan Gus Dur atau tidak.
“Kalau bagi Gusdurian seperti saya, siapa saja yang menghilangkan jejak Gus Dur, sama dengan menghilangkan nilai-nilai Gus Dur. Sehingga PKB sekarang tidak bisa mengkleim mewarisi Gus Dur. Kleim demikian akan mengundang banyak keberatan,” ujarnya.
Irfan Riza juga keberatan dengan pernyataan Wasekjen PKB Malik Haramain, yang mengatakan, nilai-nilai Gus Dur lebih identik dengan PKB. Menurutnya, tak ada alasan logis yang mendukung pernyataan itu.
Seperti diketahui, Malik Haramain kepada pers mengatakan, pemberian peci Gus Dur oleh Ibu Sinta kepada Jokowi, akan dimanfaatkan oleh PDIP untuk membangun pencitraan dalam Pileg 2014. Pemberian itu bukan sekadar tanda mata, tapi akan dimanfaatkan PDIP.
“Banyak nilai Gus Dur ada di profil Jokowi. Tatkala Ibu Sinta Nuriyah menyerahkan peci kepada Jokowi, dimaknai sebagai simbol penguat, Jokowi telah memiliki tata nilai dan dipercaya oleh keluarga Gus Dur sebagai personifikasi Gus Dur,” kata Irfan.
“Jokowi adalah figus Gus Dur baru. Maka kami para santri sepenuhnya mendukung Jokowi sebagai calon terbaik untuk Presiden RI 2014,” tegas Irfan Riza. (RJ)
HALOINDONESIANEWS.COM
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger