BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, November 21, 2013

Ini Hasil Pertemuan Mega dan Surya Paloh di Kandang Banteng

Surya Paloh dan Megawati


Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di markas banteng. Berikut adalah materi yang dibahas keduanya dalam pertemuan tertutupnya.

"Mendesak pemerintah dan KPU untuk memastikan agar Daftar Pemilih Tetap sungguh-sungguh menjamin terpenuhinya hak konstitusional WNI untuk memilih," ujar Sekjen Partai NasDem Rio Capella di Kantor PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2013).



Selain itu, kedua partai ini meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menginstruksikan kepada Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) agar lebih fokus pada tugas utamanya di dalam membela kepentingan negara Indonesia. Lemsaneg dinilai harus menarik diri dari segala upaya untuk terlibat di dalam proses demokrasi melalui kerjasama dengan KPU.

"Meminta kepada MK agar secepatnya memulihkan kepercayaan publik dan mewujudkan MK sebagai benteng terakhir demokrasi," lanjut Rio.

Untuk itu, Rio mengatakan bahwa adanya dalil hukum MK yang mengizinkan pemilih untuk memilih lebih dari satu kali atau diwakili adalah bertentangan dengan UUD 1945. Dalil ini juga dinilai bertentangan dengan prinsip satu orang satu suara. Sehingga menurutnya dalil ini harus dihapus oleh MK.

"Sehingga negara harus memfasilitasi hak warga negara uang memiliki kesulitan untuk memilih. Seperti orang cacat, atau pemilih yang tinggal di daerah terpencil," ujar Rio.

Selain itu, mereka juga mendesak MK untuk membatalkan sistem noken di Papua yang dinilai bertentangan dengan konstitusi. Tak hanya itu kedua partai ini meminta kepada seluruh penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan DKPP mampu melaksanakan tugas menyelenggarakan Pemilu dengan lebih demokratis
"Berdasarkan azas luber dan jurdil, serta mengedepankan independen dan netralitas sebagai penyelenggara Pemilu," tuturnya.

Sebelumnya Rio mengakui ada beberapa hal rahasia yang juga dibahas oleh kedua Ketua Umum partai tersebut.

"Tidak bisa saya sampaikan lengkap a sampai z. Tapi ini saya sampaikan garis besarnya," kata Rio.

Hal ini diamini oleh Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo.

"Materi pertemuan tidak bisa disampaikan semua. Kesepakatan-kesepakatan ada, ya rahasia dua partai," kata Tjahjo.

Kamis, 21/11/2013 17:07 WIB
Sukma Indah Permana - detikNews
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger