BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, November 27, 2013

Nasdem: terbuka lebar peluang koalisi Paloh-Mega


Patrice Rio Capella. (FOTO ANTARA/ Dhoni Setiawan)

Jakarta,  Pengurus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Patrice Rio Capella menyatakan peluang koalisi antara Ketua Umum Surya Paloh dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri cukup terbuka dan memungkinkan.


"Secara ideologi ada kemiripan antara NasDem dan PDIP, karena sebagai partai nasionalis," kata Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella di Jakarta Rabu.

Ia mengatakan Paloh telah bertemu dengan Megawati membicarakan kemungkinan koalisi kedua partai tersebut di Kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakarta Selatan, Kamis (26/11).

Rio menuturkan Paloh dan Mega memiliki kedekatan secara personal sehingga memudahkan kedua tokoh politik tersebut membicarakan permasalahan bangsa dan kemungkinan koalisi.

Rio mengungkapkan kemungkinan koalisi Paloh dengan Mega akan dibahas secara jelas usai pelaksanaan pemilihan legislator.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menganalisa semua kekuatan politik sedang menjajaki kemungkinan berkoalisi.

"Para elit politik mencari titik temu dengan harapan bisa menemukan konsensus politik di waktu mendatang, jelang pemilu atau saat pilpres 2014," ungkap Gun Gun.

Gun Gun menyatakan format pembahasan koalisi politik dibentuk melalui opini media massa maupun pertemuan tatap muka.

Gun Gun menambahkan "Paloh dengan NasDem sedang melakukan pemetaan kekuatan dan berupaya menjaga peluang kerjasama dengan partai lain.

Secara psikopolitis, Gun Gun memperkirakan Paloh dan Mega tak punya hambatan sehingga memudahkan terbentuk koalisi.

Namun Gun Gun menilai masih terlalu awal menyimpulkan pertemuan antara Paloh - Mega telah tuntas membentuk koalisi, karena masih banyak waktu menjelang Pilpres 2014.

Gun Gun mengutarakan langkah Paloh membentuk berkoalisi dengan Mega akan menguntungkan Partai Nasdem terlebih Nasdem diprediksi termasuk partai besar pada Pemilu
2014.(*)


Editor: Ruslan Burhani
Pewarta: Taufik Ridwan
(ANTARA News) - Rabu, 27 November 2013 20:35 WIB

 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger