BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, December 25, 2013

KIP: Hanya PDI-P yang Berani Menilai Dirinya Sendiri

Anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) Yhanu Setiawan

JAKARTA,  Komisi Informasi Pusat (KIP) menyatakan hanya ada satu partai politik yang berani menilai dirinya sendiri. KIP menyebar kuesioner ke seluruh partai politik peserta Pemilu 2014, seperti halnya kepada kementerian dan lembaga negara, untuk menilai diri mereka sendiri.

"Tapi yang bersedia melakukan penilaian secara mandiri di lingkungan partainya hanya satu partai," kata Komisioner KIP Yhanu Setiawan dalam sebuah seminar keterbukaan informasi publik di Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2013). Kuesioner yang disebar ke partai politik, ujar dia, tak beda dengan yang dibagikan ke kementerian dan lembaga negara.

Satu partai itu, sebut Yhanu, adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. "Itu pun kalau rentang 1:100, nilainya F. Tapi setidaknya partai itu sudah berani menilai dirinya sendiri," kata dia.

Menurut Yhanu, lewat kuesioner itu setiap partai politik dapat membuat penilaian sendiri tentang partai itu. Setelah dikembalikan ke KIP, akan dilakukan verifikasi.

Sebelumnya, Yhanu juga mempertanyakan konsistensi partai politik dalam membuka informasi kepada publik. Sampai saat ini, kata dia, tak satu pun partai yang punya pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID).

Yhanu mengatakan, partai politik tetap merupakan badan publik karena menerima sumbangan dari masyarakat. Apalagi, ujar dia, partai politik pun mencatatkan pengeluaran biaya besar untuk memperlihatkan eksistensinya ke masyarakat.

Sayangnya, ujar Yhanu, publik selalu kesulitan menemukan akses menembus mekanisme untuk mendapatkan informasi tentang suatu partai. Ditambah lagi sering ada klaim sepihak yang menyatakan sebuah informasi bersifat rahasia dan tak dapat dipublikasikan.

KOMPAS.com — Rabu, 25 Desember 2013 | 03:09 WIB
Penulis: Indra Akuntono
Editor : Palupi Annisa Auliani








 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger