BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Tuesday, January 28, 2014

Ini Alasan PDI-P Tolak Dana Saksi Dibiayai Negara

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo [KOMPAS.com/Indra Akuntono]

JAKARTA, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menolak pembiayaan saksi partai politik di tiap tempat pemungutan suara (TPS) oleh negara. Keputusan itu diambil setelah Dewan Pimpinan Pusat PDI-P menggelar rapat untuk mengidentifikasi masalah setelah munculnya kebijakan tersebut.

"Setelah mempertimbangkan berbagai aspek, kami pada prinsipnya menolak," kata Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Tjahjo mengatakan, penolakan partainya berkaitan dengan kemandirian partai politik dalam keikutsertaannya di pemilu. PDI-P, kata Tjahjo, juga mempertanyakan mekanisme pertanggungjawaban penggunaan dana itu setelah pemilu digelar.

Selain itu, hingga saat ini belum ada penjelasan rinci mengenai aliran dana untuk membiayai saksi di setiap TPS. Menurutnya, persepsi yang terbangun di masyarakat adalah anggaran ini sama halnya dengan bantuan pemerintah seperti BLSM, bantuan operasional sekolah (BOS), dan lainnya.

"Siapa yang memberikan dana ini ke saksi? Tanggung jawabnya bagaimana? Ini rawan menimbulkan celah digugatnya hasil pemilu" ujar Tjahjo.

Tjahjo juga mengkritisi mengenai rekrutmen saksi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Ia menuding sistem rekrutmen saksi dari Bawaslu belum jelas dan berpotensi menimbulkan masalah lainnya.

"Harus diklarifikasi juga rekrutmen saksi dari Bawaslu. Jangan sampaii faktor X jadi penyebab demokratisasi terhalang dalam pileg dan pilpres," katanya.

Secara terpisah, Ketua DPP PDI-P Maruarar Sirait menganggap kebijakan membiayai saksi partai politik di tiap TPS tak masuk akal.

"Ini keterlaluan, masa keadaan seperti sekarang kita masih berpikir saksi dibiayai APBN," ujar Maruarar.


Penulis : Indra Akuntono , Editor : Inggried Dwi Wedhaswary , 
KOMPAS.com - Selasa, 28 Januari 2014 | 14:34 WIB
 
Copyright © 2013 #01JOKOWILAGI
Powered by Blogger