BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, January 9, 2014

Jokowi Diberitakan 5.000 Kali Setiap Bulan oleh Media



Jakarta - Indonesia Indicator menguji mengapa elektabilitas Joko Widodo begitu tinggi dan tak tertandingi oleh capres lain. Hasilnya, ternyata pemberitaan Jokowi menjadi faktor signifikan yang menentukan.

Indonesia Indicator meneliti 365 media online nasional dan daerah untuk mengukur eksposure Jokowi di media. Pengumpulan data dilakukan selama 1 Januari-31 Desember 2013 dengan metode pelantik lunak crawler.



"Dalam setahun, jumlah pemberitaan Jokowi mencapai 60.642 berita atau rata-rata 5.000 setiap bulannya," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakpus, Kamis (9/1/2013).

Menurutnya, jumlah ekspose berita terhadap Jokowi tersebut 6 kali lipat lebih besar dibandingkan Aburizal Bakrie dan 7 kali lipat dibandingkan pemberitaan Prabowo.

"Kandidat capres yang memiliki ekspose terdekat Jokowi ditempati oleh Megawati. Meski dalam ekspose Megawati terdapat 50 % pemberitaan menyangkut Jokowi," ujarnya.

Tingginya pemberitaan Jokowi selama tahun 2013 itu hanya bisa ditandingi oleh pemberitaan Presiden SBY yakni pada bulan Januari dan September 2013.

"Pada Bulan Juli Jokowi sempat dilampau Wiranto, di mana saat itu Win-HT sedang gecar deklarasi sebagai capres-cawapres. Demikian juga dengan Aburizal Bakrie yang sempat lampaui (pemberitaan) Jokowi terkait capres di bulan November saat Rapimnas Golkar," ucap Rustika.

Kamis, 09/01/2014 17:34 WIB 
M Iqbal - detikNews
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger