BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, January 29, 2014

Jokowi Kangkangi para Capres dari Ketum Partai

Jokowi tinjau pintu air Cisadane. ©2014 merdeka.com/imam buhori


Hasil survei yang dirilis oleh Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Gubernur DKI Joko Widodo sebagai calon presiden masih tertinggi ketimbang tiga ketua umum partai politik. Jokowi mendapatkan dukungan 20 persen.

"Bila pemilihan presiden diadakan sekarang yang dipilih top of mind (spontan) sebagai presiden adalah Joko Widodo," kata Direktur Riset SMRC, Djayadi Hanan dalam diskusi 'Tren Dukungan Pada Calon Presiden Ketua Umum Partai' di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Rabu (29/1).

Djayadi menambahkan, di bawah Jokowi posisi itu ditempati Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra , Prabowo Subianto yang hanya mencapai 8,1 persen. Lalu diikuti Ketum Partai Golkar Aburizal Bakrie 5,0 persen.

"Sedangkan Ketum Partai Hanura Wiranto urutan ke 4 yang mencapai 4,2 persen. Sementara Megawati hanya 3,0 di bawah Wiranto, disusul Rhoma Irama 2,1 persen dan Jusuf Kalla 2,1. Sisanya tidak tahu dan tidak jawab atau rahasia 51,0 persen," terangnya.

Djayadi menjelaskan, bahwa survei top of mind yang disodorkan ke responden itu tanpa memberi opsi siapa saja nama capres yang ada. Namun bila semi terbuka alias menyebutkan nama-nama capres, Jokowi tetap di urutan teratas dengan persentase 33,3 persen.

"Sedangkan Prabowo 11,4 persen, Aburizal Bakrie 10,0 persen, Megawati 8,3 persen, Wiranto 6,4 persen, Jusuf Kalla 4,0 persen, Rhoma Irama 3,5 persen dan tidak tahu 16,4 persen," jelasnya.

Metodologi yang digunakan mereka dari pemilih berusia 17 tahun, dengan jumlah sampel 1.220 responden dengan margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai tatap muka, setiap pewawancara bertugas untuk 10 responden.

"Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel. Dengan waktu wawancara 19-27 Desember 2013 lalu," pungkasnya.

Reporter : Muhamad Agil Aliansyah | 
Merdeka.com - Rabu, 29 Januari 2014 16:21
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger