BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, January 13, 2014

Jokowi Tak Gentar Hadapi Serangan Lawan Politik soal Banjir

Jokowi Tinjau Banjir. Jl. MH. Thamrin, 17 Januari 2013


JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak mempermasalahkan serangan-serangan dari lawan politiknya tentang musibah banjir di Jakarta hari ini. Ia memilih fokus menyelesaikan persoalan banjir yang setiap tahun melanda Ibu Kota.
"Ya, enggak apa-apa. Apanya sih yang mau disasar?" kata Jokowi ketika blusukan ke Waduk Pluit, Jakarta Utara, Senin (13/1/2014).

Jokowi mengatakan, saat ini pemerintah Provinsi DKI tengah berupaya keras menyelesaikan normalisasi sungai besar, saluran, maupun waduk. Hal ini tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat sehingga hasilnya pun baru dapat dirasakan setelah sekian tahun.
"Ingat, Rotterdam bisa ngatasin banjir itu butuh berapa lama? 200 tahun. Kita normalisasi saja memang belum selesai. Kita memang harus ngomong apa adanya," ujarnya.
Jokowi mengingatkan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah kerja sama, bukan hanya antara jajaran satuan kerja perangkat daerah di Pemprov DKI Jakarta, melainkan juga pemerintah pusat. Koordinasi dengan pemerintah pusat diperlukan kaerna persoalan banjir di Jakarta terkait erat dengan sungai besar yang berhulu di provinsi lain. Wewenang pengelolaan sungai-sungai besar tersebut berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum. Adapun Pemprov DKI Jakarta memiliki kewenangan pada saluran penghubung dan waduk.
"Saya sih maunya enggak terkotak-kotak. Yang penting semua kerja cepat, fokus dan tepat sasaran. Jangan politisir-politisir (politisasi)," kata Jokowi.
Banjir tahun ini mengingatkan musibah serupa yang terjadi setahun lalu. Pada Januari 2013, ketika umur pemerintahan Jokowi baru tiga bulan, banjir besar menggenangi ratusan lokasi di Jakarta. Banjir waktu itu juga menggenangi kawasan Jalan MH Thamrin.

KOMPAS.com —  Senin, 13 Januari 2014 | 16:34 WIB
Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Laksono Hari Wiwoho
 
Copyright © 2013 #01JOKOWILAGI
Powered by Blogger