BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, January 24, 2014

Olle Tornquist: Megawati Harus Memahami Fenomena Jokowi

Olle Tornquist di tengah, sedang menyampaikan materi diskusi. (Foto: Ignatius Dwiana)


JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disebut Jokowi merupakan sosok fenomenal yang harus dipahami Megawati. Demikian disampaikan Profesor Olle Tornquist dalam diskusi ‘Perkembangan Politik Terkini dan Gerakan Sosial  dalam rangka Welfare Policy di Indonesia’ di Seknas Jokowi Jakarta pada Kamis (24/1).
Olle Tornquist mengatakan,“Kami kelling ke mana-mana ada kecenderungan di mana-mana banyak orang ingin meng-copy Jokowi. Kecenderungan di kota-kota seperti itu mereka ingin punya Jokowi. Pesannya sudah ada di mana-mana.”
Tetapi dorongan untuk mengusung Joko Widodo menjadi calon Presiden tidak segera dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) karena budaya partai menurut  Olle sangat feodal. “Tentu saja akan membutuhkan waktu lebih banyak” untuk memahami fenomena ini.
Peneliti asal Swedia yang bekerja di Ilmu Politik Universitas Oslo Norwegia ini berharap Megawati paham mengenai hal ini. Megawati harus belajar dari masalah Sonia Gandhi di India. Sonia Gandhi menyadari walaupun partainya, Partai Kongres, menang pada 2004 tetapi tahu dia tidak akan menjadi Perdana Menteri India. “Karena dia adalah orang Italia.”
Selain itu dibutuhkan pula reformasi di tubuh partai. Kalau tidak ada reformasi maka akan berakibat kekalahan seperti halnya Partai Kongres di India. Menurut Olle, jika hal ini tidak dipahami PDI-P maka PDI-P akan mengalami hal serupa seperti Partai Kongres India.


Penulis: Ignatius Dwiana
Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja
SATUHARAPAN.COM – 18:56 WIB | Jumat, 24 Januari 2014


 
Copyright © 2013 #01JOKOWILAGI
Powered by Blogger