BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, January 9, 2014

Pemilu 2014, Koalisi Tak Bisa Dihindari



Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa, mengisyaratkan bahwa pada Pilpres 2014 mendatang, partainya harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calon presiden.

Namun, partainya baru akan menentukan arah koalisi setelah pemilihan legislatif digelar.

"Partai yang akan dapat 20 persen, tidak banyak. Tidak terhindarkan akan ada koalisi untuk mengusung capres-cawapres," kata Hatta di Kantor DPP PAN, Jalan TB Simatupang, Jakarta Timur.

Namun, sampai saat ini, dia masih terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk lawan terberatnya dalam Pilpres, Prabowo Subianto dan Joko Widodo. "Saya punya komunikasi baik dengan Prabowo dan Jokowi," ujarnya.

Meski mengisyaratkan untuk berkoalisi, Hatta menuturkan, model koalisinya bukanlah layaknya Poros Tengah seperti yang telah dicetuskan seniornya, Amien Rais.

"Kita punya koalisi, tetapi tidak seperti Poros Tengah, di mana komunikasi itu lebih kepada parpol-parpol Islam. Harus berkomunikasi dengan partai lain juga, karena kita tidak tahu, bahwa koalisi itu terbuka bagi seluruh partai," kata dia.

Alasan Jadi Capres

Sementara itu, menurut Hatta, sebagai Hatta Rajasa mengaku siap untuk membawa PAN memenangkan Pemilu 2014. Caranya, dengan mencalonkan diri sebagai calon presiden seperti yang diinginkan kadernya. "Secara normatif, semua parpol ingin ketua umumnya jadi capres," kata dia.

Untuk itu, kata Hatta, sebagai pimpinan partai politik maka dirinya harus siap memenangi Pemilu.

"Seluruh pimpinan parpol, harus siap menang dan siap apapun. Saya siap membawa partai ini menjadi partai yang besar, kita memiliki target-target untuk 2014," lanjutnya.

Saat ini, elektabilitas PAN masih jauh dibawah partai besar lainnya. Bahkan, dalam sebuah survei, PAN menduduki posisi ke sembilan dari 12 partai yang resmi terdaftar sebagai peserta pemilu. (umi)

VIVAnews - Kamis, 9 Januari 2014, 05:08
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger