BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Sunday, January 26, 2014

Seknas Jokowi Menganalisa Persoalan Indonesia dengan Trisakti Bung Karno

JAKARTA, Sekretariat Nasional Joko Widodo (Seknas Jokowi) dengan intensif telah melangsungkan academic meeting pada Kamis (23/1) hingga Jum’at (24/1). Pertemuan ini membuahkan rumusan-rumusan strategis dalam menganalisa tantangan dan persoalan Indonesia. Demikian siaran pers Seknas Jokowi pada hari Sabtu (25/1).
Tantangan dan persoalan Indonesia dianalisa dengan menggunakan ajaran Bung Karno. Yakni melalui Trisakti, yang berarti berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang kebudayaan.
Berdaulat di bidang politik dengan jalan mengembalikan kedaulatan bangsa sehingga kekuasaan negara berjalan sesuai maksud pendiriannya. Arah pokoknya adalah memulihkan kerja kekuasaan negara, agar sepenuhnya berdasar dan dipandu ideologi Pancasila, dan senantiasa menghasilkan keputusan politik berwatak nasional yang memihak kepentingan bangsa, dan berwatak sosial yang memihak kepentingan rakyat kecil.
Berdikari di bidang ekonomi dengan memulihkan kemampuan ekonomi rakyat, bangsa dan negara dalam mengoptimalisasi kemampuan produksi untuk menopang kemakmuran bangsa. Ini dijalankan dengan tetap berpegang pada garis mengurangi kerusakan lingkungan dan memperkuat usaha kreatif rakyat untuk tumbuh dan berkembang.
Berkepribadian di bidang kebudayaan dengan memperkuat jati diri bangsa dengan menjadi bangga sebagai warga bangsa Indonesia dan senantiasa mengedepankan keutamaan dalam membangun tata hidup bersama. Seknas Jokowi memandang bahwa gotong royong merupakan jati diri bangsa, yang harus diperkuat dan menjadikannya sebagai kebenaran nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Pelbagai segi tersebut harus diupayakan realisasinya melalui langkah-langkah strategis bangsa yang disebut sebagai Jalan Indonesia Bangkit, dengan semangat Trisakti Bung Karno.
Seknas Jokowi memandang ini sebagai inti sari pokok dalam memulihkan kedudukan negara dan seluruh kekayaan bangsa sehingga dapat mwwujudkan kemerdekaan sejati.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja
SATUHARAPAN.COM – 23:52 WIB | Sabtu, 25 Januari 2014

Penulis: Ignatius Dwiana

 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger