BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, January 15, 2014

Soegeng Sarjadi: Berpolitik adalah Bernegara, Bukan Berkuasa

Soegeng Sarjadi

JAKARTA, Pendiri Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) sekaligus aktivis senior, Soegeng Sarjadi turut mengamati peta perpolitikan yang terjadi di Indonesia dari masa ke masa. Dalam perspektif Soegeng, potret perpolitikan yang saat ini disuguhkan sudah jauh menyimpang dari yang seharusnya.

Dijelaskannya, saat ini politik diartikan sebagai bekal untuk berkuasa. "Berpolitik itu sering disalahartikan tentang berkuasa. Berpolitik intinya tentang bernegara. Bernegara itu menjalankan konstitusi, no more no less, hanya itu. Kalau di luar itu, negaranya yang salah," kata Soegeng di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Rabu (13/1). 
Meski demikian, Soegeng mengakui jika demokrasi di Indonesia saat ini sudah jauh lebih baik, tak seperti saat masa orde baru. Saat ini, tambah Soegeng, siapapun berhak mengajukan diri sebagai calon presiden, asalkan memenuhi segala persyaratan yang tetapkan.
"Oligarki yang ada sekarang jauh lebih baik dari diktatorial seperti zaman orde baru. Demokrasi yang bekerja sekarang itu lebih memungkinkan. Namanya Rhoma Irama bersaing dengan Pak Irman Gusman, yang gagah dengan penyanyi dangdut," ujar Soegeng.
Lebih lanjut, dicontohkan Soegeng bahwa demokrasi di Indonesia saat ini sudah jauh lebih baik, yaitu dengan terpilihnya dalang nyentrik Ki Enthus Susmono sebagai pejabat eksekutif sebuah daerah yaitu Bupati Tegal. "Di Tegal saja ada dalang namanya Ki Entus jadi Bupati," tuntasnya.
Sebagaimana diketahui, SSS sebagai tuan rumah menggelar acara kuliah umum kandidat presiden 2014. Kali ini, giliran Ketua DPD RI sekaligus peserta konvensi capres Demokrat, Irman Gusman. Adapun tema yang diusung 'Menuju Negara Adidaya: Membangun Daerah, Membangun Publik'. Hadir sebagai panel penanggap yaitu Peneliti CSIS J Kristiadi, wartawan senior Budiarto Shambazy, Bambang Harymurti.
 

Nurrina Desiani
PedomanNEWS - Rabu, 15 Januari 2014 11:52 WIB
 
Copyright © 2013 #01JOKOWILAGI
Powered by Blogger