BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, January 9, 2014

Survei: Mayoritas Pemilih Demokrat Dukung Jokowi Jadi Capres



JAKARTA, Partai Demokrat (PD) masih menyaring bakal calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada Pemilu Presiden 2014. Di tengah upaya itu, survei menunjukkan, sebanyak 44,7 persen responden yang mengaku akan memilih PD mengunggulkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai presiden.


"Yang paling mengejutkan adalah, ternyata mayoritas responden yang mengatakan akan memilih PD jika pemilu dilaksanakan saat survei dilakukan, mengaku memilih Jokowi sebagai presiden," ujar Direktur Riset Cirus Surveyors Group (CSG) Kadek Dwita Apriani dalam diskusi dan paparan hasil survei di Jakarta, Kamis (9/1/2014).

Ia menuturkan, jumlah responden pemilih PD yang memilih Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan justru hanya 6,8 persen. Padahal, berdasarkan survei, dibandingkan 10 peserta konvensi lainnya, Dahlan Iskan menduduki peringkat tertinggi. Kadek mengatakan, angka keterpilihan Dahlan Iskan itu justru lebih rendah dibandingkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merebut angka 12,1 persen.

Survei CSG tersebut dilakukan dengan responden sebanyak 2.200 orang yang tersebar secara proporsional di 220 desa/kelurahan di 33 provinsi. Survei dilakukan pada Desember 2013 lalu. Dari total responden yang diwawancara, 6 persen responden menyatakan memilih PD saat pemilu.

Penulis : Deytri Robekka Aritonang , Editor : Hindra Liauw , 
KOMPAS.com - Kamis, 9 Januari 2014 | 19:11 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger