BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, February 12, 2014

Jokowi: Waduk Marunda Akan Tampung Air dari BKT

Kapal waterway di dermaga Banjir Kanal Timur Marunda. TEMPO/Tony Hartawan


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan Waduk Marunda di Kampung Sungai Tirem, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Dalam kunjungan setengah jam, Selasa 11 Februari 2014, Jokowi menyusuri kawasan pinggir pengerukan didampingi kepala Dinas PU dan wali kota Jakarta Utara.

Dalam pantauannya bersama rombongan wartawan, tampak lima ekskavator sedang bekerja di antara genangan lumpur dan air. "Nanti setelah lelang, kita tambah jadi 15 (ekskavator)." Di sekitar lokasi tampak tambak-tambak udang dan rumah-rumah kecil sederhana.

Menurut Jokowi, luas waduk nantinya 56 hektare untuk mengatasi banjir di kawasan timur Jakarta."Waduk ini akan tampung air dari sebelah timur seperti BKT, Kali Blencong. Kalo penuh, pompa ke laut."

Dia menambahkan, Waduk Marunda akan dibuat seperti Waduk Pluit. Artinya, waduk akan dilengkapi taman rekreasi dan taman bermain. Anggaran pembangunan sudah dimasukkan ke APBD tahun 2014.

Wali Kota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono mengatakan, perlu pembebasan lahan dari 150 rumah lagi. Mengenai pembebasan lahan, Jokowi mengatakan bakal membicarakan dengan warga. "Nanti kita bicarakan. Gampang. Maunya gimana?"

Kadis PU, Manggas Rudy Siahaan mengatakan, pembangunan waduk ditargetkan selesai dalam satu tahun. "Secepat-cepatnya," kata Jokowi.

Rudy menyebut, Waduk Marunda adalah satu dari sembilan waduk yang akan dibangun tahun ini. Selain Marunda akan dibangun lagi di Sunter, dua di Pantai Indah Kapuk, Rorotan, Debrigif, dan Lebak Bulus. 

ATMI PERTIWI


TEMPO.CO RABU, 12 FEBRUARI 2014 | 08:48 WIB

 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger