BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Sunday, February 2, 2014

LSI: PDI-P atau Golkar Bakal Jadi Partai Berkuasa di 2014



JAKARTA, Hasil survei terakhir Lingkaran Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Golongan Karya (Golkar) bersaing ketat. Elektabilitas kedua parpol itu relatif jauh diatas parpol lain.
"Partai Golkar mendapatkan 18,3 persen suara sementara PDIP mendapatkan 18,2 persen suara. Sangat tipis perbedaannya," kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby saat merilis hasil survei di Jakarta, Minggu (2/2/2014) siang.

Berdasarkan survei LSI, Partai Gerindra berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 8,7 persen. Posisi selanjutnya berturut-turut, Partai Demokrat (sebesar 4,7 persen), Partai Hanura 4,0 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (3,7 persen), Partai Persatuan Pembangunan (3,6 persen), Partai Amanat Nasional (3,3 persen), Partai Keadilan Sejahtera (2,2 persen), partai Nasdem (2,0 persen), Partai Bulan Bintang (0,7 persen) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (0,5 persen).
"Sementara itu, suara yang belum memutuskan pilihan atau golput masih cukup besar, yakni 30,1 persen," lanjut Adjie.
Adjie mengaku bahwa survei tersebut dilakukan pada 6 Januari-16 Januari 2014. Jumlah responden sebanyak 1200 orang dengan margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.
Dengan hasil survei tersebut dan melihat Pemilu Legislatif yang akan digelar hanya sekitar dua bulan lagi, Adjie berani menyimpulkan kalau Pemilu 2014 menjadi milik Golkar dan PDIP. Namun, ia tidak bisa memprediksi siapa diantara kedua partai tersebut yang akan menang dalam Pemilu.
"Kita tidak bisa memastikan, perolehan suara diantara kedua partai ini begitu tipis. Dua-duanya mempunyai peluang yang sama untuk menang," pungkasnya.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Sandro Gatra ,
KOMPAS.com - Minggu, 2 Februari 2014 | 15:15 WIB
 
Copyright © 2013 #01JOKOWILAGI
Powered by Blogger