BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, February 5, 2014

PDIP Minta BIN Awasi Upaya Penggagalan Pemilu



Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meminta Badan Intelijen Negara (BIN) mendeteksi adanya upaya untuk menggagalkan pelaksanaan Pemilihan Umum 2014. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, menilai ada sejumlah faktor yang membuat pemilu bisa gagal terlaksana.

"Misalnya karena terorisme atau kerusuhan," kata Tjahjo saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu, 5 Februari 2014. Dia meminta aparat BIN aktif dalam pendeteksian celah gangguan keamanan menjelang pemilu. "Ini tahun penting karena menyangkut stabilitas nasional."

Tjahjo juga meminta awak BIN bekerja secara profesional. Dia mencontohkan sikap kepolisian dan militer yang menyatakan tak akan berpihak pada kepentingan kelompok tertentu. Tjahjo juga meminta BIN menjalin kerja sama dengan dunia internasional karena menilai Pemilu 2014 tak hanya menyangkut keamanan dalam negeri.

Dia menuturkan BIN mesti mampu memetakan potensi daerah yang rawan konflik saat pemilu berlangsung. BIN mesti mengkaji secara strategis soal daerah mana saja yang berpotensi mengalami gangguan keamanan sehingga pemilu urung terlaksana.

Anggota Komisi Pertahanan DPR ini juga mengatakan semua partai memiliki data mengenai potensi konflik dan kecurangan usai pemilu. Misalnya, dalam soal keamanan kotak suara, dia sudah mewanti-wanti ihwal pencurian kotak suara sejak dini. "Intelijen mesti memberikan laporan detail soal ini," katanya.

WAYAN AGUS PURNOMO

TEMPO.CORABU, 05 FEBRUARI 2014 | 17:59 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger