BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, February 5, 2014

PKS buka peluang koalisi dengan PDIP

Fahri Hamzah. ©2013 Merdeka.com/Vany Nestia Jayani


Merdeka.com - Menjelang Pemilu 2014, masing-masing partai politik mulai ancang-ancang untuk membangun koalisi. Antara PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ), dianggap memiliki kesamaan.

Hal ini diungkapkan Wasekjen PKS Fahri Hamzah . Menurut dia, peluang koalisi antara partainya dengan PDIP dalam 2014 ini amat terbuka.

"Saya melihat sekarang ini PDIP dan PKS sudah masuk dalam kendali generasi kedua. Dan ini yang memungkinkan mereka melakukan percakapan yang lebih ringan dari ketegangan sebelumnya akibat pemilu dan latar ideologi partai. Jadi itu mungkin saja kalau diinisiasi," ujar Fahri saat dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu (5/2).

Jika dibandingkan koalisi dengan Partai Demokrat , kata Fahri, PKS dirasa lebih baik membangun koalisi dengan PDIP . Hal ini sebagai upaya untuk menghadapi tantangan bangsa ke depan yang semakin berat.

"Basis koalisi kita harus diperluas pada upaya menemukan kesepakatan tentang persoalan bangsa dan solusi yang tepat. Sebab pada dasarnya tak ada halangan bagi koalisi partai di Indonesia," jelas Fahri.

Perlu diketahui, antara PKS dan PDIP memiliki perbedaan soal ideologi. Jika PKS berlandaskan ideologi Islam, PDIP berideologi Pancasila (nasionalis).

Di sisi lain, hubungan antara PDIP dengan Partai Demokrat dalam dua pemilu yang lewat belum pernah sejalan. Periode 2004 dan 2009, PDIP lebih memilih menjadi partai oposisi dan berseberangan dengan Partai Demokrat .

Reporter : Muhammad Sholeh | Rabu, 5 Februari 2014 11:55

 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger