BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, February 13, 2014

Relawan Jokowi Dekalarasi di Medan Bersih



Medan - Panas yang menyengat Kota Medan, Sumatera Utara, tak mengalahkan tekad 50-an orang yang didominasi mahasiswa menghadiri acara deklarasi "Relawan Gotong Royong Semesta Indonesia" di salah satu rumah makan di Jalan Monginsidi Medan, Rabu, 12 Februari 2014.

Relawan ini adalah kumpulan pendukung Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta. Mereka mendukung Jokowi agar menjadi calon Presiden Indonesia 2014-2019. Deklarasi secara sederhana ini, menurut penggagas relawan, Nugroho Wicaksono, bertujuan memperkenalkan ide dan pemikiran Jokowi kepada warga Sumatera Utara. (Baca juga: Ketika Jokowi Jadi Jago Kluruk)

"Kami memilih jalan memperkenalkan ide-ide dan pemikiran Jokowi karena selama ini Jokowi lebih dikenal sebagai gubernur. Padahal, ide dan pemikiran Jokowi tentang Indonesia (di luar tugasnya sebagai gubernur) pantas dipelajari," kata Nugroho yang didaulat sebagai sekretaris umum relawan, kepada Tempo, di sela deklarasi. Contoh ide dan pemikiran Jokowi yang layak dipelajari, ujar Nugroho, adalah konsep kedaulatan pangan Indonesia. 

Menurut Nugroho, keberpihakan Jokowi kepada rakyat dan kedekatannya dengan rakyat menjadi salah satu motivasinya ikut bergabung menjadi relawan. "Kami melihat Jokowi dekat dengan rakyat di Solo, Jakarta dan sejumlah daerah yang dikunjunginya tanpa direkayasa. Jokowi melebur bersama rakyat menyelesaikan masalah seperti banjir dan masalah kesehatan warga DKI Jakarta. Dan itu menjadi modal kuat Jokowi," ujar Nugroho.

Relawan pendukung Jokowi di Medan, menurut Nugroho, tidak boleh dari unsur partai politik PDI Perjuangan dan partai lainnya. "Kami tidak menerima relawan pendukung Jokowi dari unsur partai politik. Kami ingin suara relawan memang murni atas dasar penilaian objektif terhadap Jokowi," tutur Nugroho. 

Dia juga yakin tingkat ketokohan Jokowi akan naik lagi meski digoyang "isu banjir Jakarta". "Relawan pendukung Jokowi Capres akan segera dibentuk di 33 kabupaten dan kota se-Sumut. Setelah terbentuk, kami akan antar surat kepada Megawati Soekarpoputri meminta PDIP menetapkan Jokowo sebagai calon presiden," katanya.

SAHAT SIMATUPANG


 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger