BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, February 7, 2014

Wartawan Bule Tanya soal Capres, Jokowi Jawab Enggak "Mikir"

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kiri) dikelilingi wartawan media negara asing yang mewawancarainya dalam perjalanan menuju Koja, Jakarta Utara, Jumat (7/2/2014).


JAKARTA, Wartawan media massa Indonesia kerap merasa penasaran atas jawaban Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo jika ia ditanya tentang wacana pencalonan dirinya sebagai presiden Indonesia. Tak hanya wartawan di Indonesia, wartawan asing pun merasakan hal yang sama atas jawaban Jokowi.
Adalah Jeff Hutton, wartawan The Christian Science Monitor, di Amerika Serikat, yang penasaran dengan pencalonan Jokowi sebagai presiden. Pada Jumat (7/2/2014) pagi, Jeff bertanya soal rencana pencalonan Jokowi untuk duduk sebagai RI-1. Lalu, apa jawaban Jokowi?

"I don't think about that," kata Jokowi. Jawabannya sangat mirip dengan pernyataan Jokowi ketika ditanya wartawan Indonesia. "Ndak mikir copras-capres," begitulah kira-kira.
Jeff yang didampingi seorang penerjemah hanya tersenyum. Dia masih penasaran dan bertanya kepada Jokowi, apakah nanti pencalonannya sebagai presiden akan diumumkannya sendiri atau diserahkan ke mekanisme partainya, PDI Perjuangan.
"You can ask that to Ibu Mega. I concentrate to my job as Governoor of Jakarta," ujar Jokowi.
Kepada wartawan bule itu, Jokowi mengatakan bahwa Pemprov DKI memiliki segudang masalah dengan banjir dan kemacetan. Pada dua hal itulah Jokowi mengonsentrasikan pekerjaannya sebagai gubernur. Mendengar itu, Hutton pun tersenyum.
Meski selalu memuncaki survei elektabilitas calon presiden 2014, Jokowi selalu enggan mengomentarinya. Ia kerap menjawab para wartawan dengan kata-kata "tidak tahu", "tidak mikir" atau jawaban lain yang tidak mengarah pada pencapresan.

Penulis : Fabian Januarius Kuwado , Editor : Laksono Hari Wiwoho , 

KOMPAS.com — Jumat, 7 Februari 2014 | 14:09 WIB

 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger