BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, March 7, 2014

Beredar, Video Janji Jokowi Pimpin Jakarta Lima Tahun





JAKARTA, Video janji Joko Widodo memimpin Jakarta hingga satu periode yang diunggah di youtube, menyebar luas lewat layanan blackberry messenger. Tak dijelaskan pembuat maupun penyebar video itu.

Video berdurasi 7menit 29 detik tersebut dibuka dengan menampilkan foto Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak, baju khas kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Kompas.com menyaksikan video itu, Jumat (7/3/2014), mendapatkan pada layar bagian kanan muncul kata-kata "Kami cinta Jokowi karena ia adalah orang yang dapat dipercaya. Pemimpin yang memegang teguh janjinya".


Kemudian, video berlanjut menampilkan suasana kampanye pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Surakarta itu di suatu tempat. Dalam momen inilah janji Jokowi memimpin Jakarta selama lima tahun terdengar.

"Katanya saya tidak ingin menyelesaikan lima tahun, diisukan gitu. Untuk apa? Itu biar masyarakat ragu. Oleh sebab itu, dalam gerakan ini saya sampaikan, Jokowi dan Basuki, komit untuk memperbaiki DKI dalam lima tahun," ujar Jokowi seraya mendapat sambutan dari simpatisan yang hadir di sekitarnya.

Video kemudian menunjukkan beragam komentar Jokowi saat ditanya wartawan mengenai wacana pencapresannya. Pada bagian ini cuplikan wawancara Jokowi di televisi dipadukan dengan lagu "Janji" milik grup band Gigi.

"Sekarang ini saya mau fokus dulu urusi masalah rusun, masalah monorel, masalah MRT". Berlanjut, muncul cuplikan wawancara Jokowi mengatakan, "Banyak yang bertanya mengenai survei. Ya saya jawab, saya ndak mikir (itu). Survei ndak mikir, survei ndak mikir. Tanya lagi soal capres. Saya juga ndak mikir, copras-capres".

Cuplikan wawancara lain, Jokowi mengatakan, "Saya sudah sampaikan bolak-balik. Sekarang saya fokus mengurusi Jakarta. Saya ini sudah pusing. Sudah pusing, meloncat sana, meloncat sini". Video pun menyisipkan komentar warga tentang wacana mengusung Jokowi menjadi calon presiden.

Dua warga yang ditampilkan dalam video itu tidak setuju sang gubernur "naik kelas" menjadi calon presiden. "Saya enggak milih. Soalnya dia kan masih punya utang terhadap masalah Jakarta. Belum beres kan banjir"."

Komentar lain warga, "OK sih, tapi bukan timing-nya aja. Timing-nya belum pas". Video kemudian menunjukan detik-detik di mana Jokowi menang penghitungan suara Pilkada atas pasangan Fauzi Bowo-Nachrawi Ramli.

Kemudian, video menampilkan detik-detik pengambilan sumpah jabatan oleh Meteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. "Selamat bertugas Bapak Jokowi. Kami pegang janji Anda untuk membenahi Jakarta dalam 5 tahun," menjadi kalimat akhir yang tampil dalam video itu yang dapat ditonton di link: http://youtu.be/NHKKmGFiBJ0 

KOMPAS.comJumat, 7 Maret 2014 | 06:35 WIB
Penulis : Fabian Januarius Kuwado , Editor : Palupi Annisa Auliani
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger