BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, March 7, 2014

Bila Memimpin, PDIP Pastikan SDM Indonesia Terbaik




Jakarta-Selain mengupayakan surplus APBN dalam konsep Pembangunan Semesta 25 Tahun, PDI Perjuangan (PDIP) juga menargetkan perbaikan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dibanding pengerukan kekayaan sumber daya alam (SDA).
Ketua DPP PDIP, M Prakosa menyatakan PDI Perjuangan berprinsip bahwa pembangunan nasional bangsa harus didasarkan kepada pembangunan karakter dan kualitas manusia. Itu sebagaimana yang dinyatakan Bung Karno sebagai "Nation and Character Building".
"Nanti dari pembangunan sumber daya manusia ini akan menurun hingga berbagai program yang memastikan manusia Indonesia memang bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain di dunia," tandas Prakosa dalam konferensi pers di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jaksel, Jumat (7/3).
Salah satu sasarannya adalah menjadikan Indonesia tak lagi hanya mewajibkan pendidikan 9 tahun, namun meningkat menjadi 12 tahun wajib belajar.
Di bidang perdagangan, untuk mengatasi serbuan impor barang-barang kebutuhan pokok, program-program strategisnya adalah peningkatan ekspor dan daya saing. Tentu akan dibarengi dengan program pengurangan impor.
PDIP juga menyasar pengaturan pasar yang adil antara pengusaha ritel kecil, menengah, dan besar. Perlindungan pasar dalam negeri melalui pemberantasan penyelundupan dan pengawasan bea cukai.
"Plus peningkatan daya saing melalui standar nasional Indonesia dan pengintegrasian perdagangan domestik secara efisien," kata Prakosa.
Untuk mengatasi defisit energi, program-program strategisnya adalah, tata kelola sumber energi yang berpihak pada industri dan investor nasional. Selain itu ada program peningkatan diversifikasi dan bauran energi yang tak bergantung pada bahan bakar minyak (BBM).
"Terutama dengan meningkatkan penggunaan gas dan energi baru dan terbarukan," imbuhnya.
Selain itu, peningkatan produksi dan cadangan BBM dalam negeri dan peningkatan efesiensi penggunaan BBM dalam negeri dan pengalihan subsidi energi untuk pengembangan energi baru dan terbarukan.
Rencananya, apabila sudah selesai secara lengkap, platform ekonomi itu akan dideklarasikan secara nasional.
"Konsepsi pembangunan PDIP ini adalah sinergi Trisakti, yang akan jelas terkait pemilu," kata Wasekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.
"Implementasi arsitektural ini yang akhirnya akan menentukan capres-cawapres, susunan kabinet, hingga bagaimana di parlemen nantinya."

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/JAS
Beritasatu.com, Jumat, 07 Maret 2014 | 17:39
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger