BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Sunday, March 16, 2014

Dukung Jokowi Jadi Capres, PPP Siapkan "Koalisi Buah Semangka"



 

SURABAYA, KOMPAS.com — Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengaku telah mendukung Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon presiden sebelum Jokowi akhirnya secara resmi ditunjuk oleh PDI-P. Menurut Sekjen DPP PPP Romahurmuziy, ke depannya, PPP siap berkoalisi dengan PDI-P dalam koalisi yang disebut Koalisi Buah Semangka.

"Semangka itu tampak luarnya hijau. Namun saat dibelah, dalamnya berwarna merah. Koalisi ini juga bisa disebut koalisi 'Bang Jo' atau 'Abang' dan 'Ijo'. Dalam bahasa jawanya, merah dan hijau," katanya saat kampanye perdana di gedung Gramedia Ekspo Surabaya, Minggu (16/3/2014).

Untuk memastikan dan meresmikan dukungan PPP kepada Jokowi, pihaknya berencana mendatangkan Jokowi dalam forum Musyawarah Kerja Nasional lanjutan PPP dalam waktu dekat. Jokowi akan diminta untuk memaparkan visi dan misinya di hadapan kader-kader PPP se-Indonesia.

"Saat itu juga kami umumkan pencapresan Jokowi, sebagai capres yang diusung PPP secara resmi," tambahnya.

Dalam Mukernas PPP bulan lalu, kata Romahurmuziy, nama Jokowi masuk dalam 9 nama yang diusung 24 DPW sebagai capres. Delapan nama di antaranya adalah Suryadharma Ali, Jusuf Kalla, Jenderal Moeldoko, Ihsan Noor, Khofifah Indar Parawansa, Yeni Wahid, Abraham Samad, dan Din Syamsuddin.

Menurut Romi, PPP mendukung Jokowi karena menilai sosoknya sebagai figur baru yang mampu menjadi fenomena politik serta memiliki elektabilitas yang kuat.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi secara resmi menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden dari PDI-P, di Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014). Dia mengaku sudah menerima mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.



Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal , Editor : Caroline Damanik , Minggu, 16 Maret 2014 | 13:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger