BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Golkar dan PDI-P Disebut Bakal Bersaing Ketat di Pileg




JAKARTA, Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bakal bersaing ketat di Pemilu Legislatif. Survei Political Weather Station (PWS) yang digelar Maret 2014 menunjukkan Partai Golkar meraih 20,3 persen suara dan PDI-P 19,3 persen.
"Partai Golkar dan PDI-P selalu bersaing menduduki peringkat satu dan dua secara bergantian," kata peneliti senior PWS, Denny Ramdhany saat memaparkan hasil survei di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Senin (31/3/2014).

Kemudian, tingkat elektabilitas partai lainnya, yaitu Partai Gerindra (14,2 persen), Partai Hanura (8,9 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (6,6 persen), Partai Demokrat (6,5 persen), Partai Persatuan Pembangunan (5,4 persen). Menyusul Partai Amanat Nasional (4,7 persen), Partai Nasdem (4,3 persen), Partai Keadilan Sejahtera (4,2 persen), Partai Bulan Bintang (1,1 persen), PKPI (0,5 persen), dan yang tidak memutuskan sebanyak 4,0 persen.

Menurut Denny, Partai Golkar dan PDI-P mendapat elektabilitas tertinggi karena telah memiliki jaringan organisasi dan kader yang merata di seluruh Indonesia. Kedua partai ini pun memiliki kepala daerah yang paling banyak dibanding partai lain, seperti wali kota, bupati, dan gubernur.

"Tiang penyangga kekuatan kedua partai ini tidak bertumpu pada satu faktor saja, misalnya ada faktor ketokohan, keuangan, dan agama," terang Denny.

Survei ini dilakukan pada 12-24 Maret di 34 provinsi seluruh Indonesia dengan total 1230 responden. Para responden adalah yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dipilih secara acak. Adapun margin of error survei PWS sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Denny menjelaskan, survei ini dibiayai oleh Yayasan Cuaca Politik Indonesia dan donasi dari beberapa wirausaha kecil maupun menengah.

Penulis : Dian Maharani , Editor : Caroline Damanik
KOMPAS.com - Senin, 31 Maret 2014 | 13:36 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger