BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Ini Tiga Mentor Politik Jokowi



NGAWI, Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo alias Jokowi mengaku mempunyai tiga mentor politik. Jokowi mengatakan, ketiga mentor ini yang membuatnya terjun ke dunia politik. Siapa saja mereka?

Pertama, kata Jokowi, presiden pertama RI, Sang Proklamator Soekarno. Menurut Jokowi, ia mempelajari dan menyelami sosok Bung Karno melalui buku-buku.  
"Saya sering baca buku-bukunya Beliau, Indonesia Menggugat dan yang lain-lainnya," kata Jokowi, seusai mengunjungi kediaman almarhum Radjiman Wedyodiningrat di Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3/2014).
Radjiman, kata Jokowi, merupakan mentor politik Bung Karno. Dia juga yang meminta Bung Karno untuk mendeklarasikan Pancasila.
Mentor kedua, lanjut Jokowi, adalah Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati, yang juga putri Soekarno, menurut Jokowi, adalah orang yang sangat berpengaruh dalam karier politiknya. 
"Meskipun saya juga pernah beda pendapat, misalnya pas penentuan tempat deklarasi waktu itu," kata Jokowi.
Sementara itu, mentor politik ketiga, kata Jokowi, rakyat. Jokowi mengaku, tanpa rakyat yang terus mengkritisi dan memberi masukan kepadanya, karier politiknya tidak akan cemerlang seperti ini.

"Rakyat juga mentor di lapangan, kalau tanpa rakyat ndak bisa," ujarnya.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
KOMPAS.com — Senin, 31 Maret 2014 | 13:33 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger