BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, March 26, 2014

Jokowi: Pemimpin Dinilai dari Perbuatannya




JAKARTA, Calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, mengatakan bahwa seorang pemimpin hanya dapat dipegang janjinya berdasarkan apa telah yang ia lakukan. Hanya melalui perbuatan, kata Jokowi, maka seorang pemimpin bisa memberikan contoh kepada masyarakat.

Meski enggan mengklaim dirinya sebagai tokoh yang anti-KKN, Jokowi mengaku telah melakukan berbagai tindakan yang mencerminkan bahwa ia tidak pernah melakukan hal tersebut selama sembilan tahun menjadi pejabat publik.


"Ya, kita lihat saja dari Solo sampai di Jakarta, apakah ada keluarga saya yang ikut sampai ke pemerintahan? Apa ada keluarga besar saya yang ikut dalam proyek?" kata Jokowi di luar pagar Balaikota Jakarta, Selasa (25/3/2014).

Meski demikian, Jokowi mengakui bahwa ia tidak bisa mencegah orang-orang yang suka mendompleng namanya untuk melakukan penyelewengan. Ia pun mencontohkan dugaan keterlibatan Michael Bimo Putranto dalam pengadaan bus transjakarta dari China.

"Ya gimana, sekarang sudah banyak sekali yang aji mumpung lagi minta bantuan ke sana-ke sini (pakai nama saya). Kita kan tidak bisa mengendalikan orang," ujarnya.

Karena itulah, kata Jokowi, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengembangkan sistem IMB-online, e-budgeting, e-purchasing, dan e-catalogue. Jokowi berharap, penerapan sistem ini bisa mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan yang dilakukannya di lingkungan birokrat Ibu Kota.

"Saya sudah ngomong ke kepala dinas, lurah, dan camat, jangan ada yang percaya kalau ada yang mengatakan orang dekat saya, yang mengatakan saudara saya, atau teman saya. Yang kita bangun ini sistem, sistem yang kita bangun untuk menghilangkan hal yang seperti itu. Tapi kalau masih ada kepala dinas, wali kota yang percaya, salahnya yang percaya dong," ucap pria asal Solo itu.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa ia telah siap untuk bersaing dalam pemilihan presiden mendatang. Terlebih, kata dia, telah banyak hal yang ia lakukan selama menjabat sebagai Gubernur DKI.

"Bukan membanggakan diri saya lho. Tapi kalau mau membuat proyek, ya diberikan dulu contoh yang baik. Seperti membuat pelayanan kelurahan yang baik, berikan dulu contoh. Membuat kecamatan yang baik, berikan dulu contoh. Membuat taman yang baik, berikan dulu contoh. Membuat waduk yang baik, berikan dulu contoh," tutur Jokowi.

"Jadi, doing by example," ujarnya.

Penulis : Alsadad Rudi , Editor : Hindra Liauw 
KOMPAS.com —  Rabu, 26 Maret 2014 | 02:04 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger