BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, March 8, 2014

Jokowi Dapat Elektabilitas Tertinggi jika Dipasangkan dengan JK



JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mendapat elektabilitas tertinggi jika dipasangkan dengan bakal calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jusuf Kalla. Hal tersebut berdasarkan survei Cirus Surveyors Group yang dirilis di Jakarta, Sabtu (8/3/2014) siang.

Dibandingkan dengan dua simulasi pasangan lainnya, yakni Prabowo Subianto (capres Partai Gerindra) - Dahlan Iskan (capres konvensi) dan Aburizal Bakrie (capres Partai Golkar) - Mahfud MD (capres Partai Kebangkitan Bangsa), pasangan Jokowi-JK mendapatkan lebih dari setengah suara responden, yakni 52,8 persen.


Prabowo-Dahlan berada di urutan kedua dengan 20,5 persen. Sementara itu, Aburizal-Mahfud berada di posisi terakhir dengan 9,9 persen. Mereka yang tidak tahu atau tidak menjawab yakni 16,9 persen.

Simulasi lainnya, Jokowi dipasangkan dengan Mahfud, Prabowo dipasangkan dengan Capres PPP Suryadharma Ali, dan Aburizal dipasangkan dengan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa. Hasilnya, Jokowi-Mahfud mendapatkan 47,6 persen. Prabowo-Suryadharma berada di bawahnya dengan 21,1 persen. Sementara itu, Aburizal-Khofifah mendapatkan 9,4 persen. Mereka yang tidak tahu atau tidak menjawab yakni 21,9 persen.

Jika dipasangkan dengan capres Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, Jokowi mendapatkan 44,7 persen. Dua simulasi lainnya, yakni Prabowo-JK mendapatkan 26,5 persen dan Aburizal-Hidayat Nur Wahid (capres pemira Partai Keadilan Sejahtera) mendapatkan 9,4 persen. Sisanya, sebanyak 19,4 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Terakhir, jika dipasangkan dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, maka Jokowi akan mendapat angka 43,5 persen. Di bawahnya adalah simulasi Prabowo-Hidayat dengan 22,4 persen dan Aburizal-Dahlan dengan 11,5 persen. Sisanya sebanyak 22,6 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling dengan 2.200 responden yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar lebih kurang 2 persen. Survei didanai oleh Cirus dan Tim Visi Indonesia 2013 bekerja sama dengan harian Republika. Proses pengumpulan data berlangsung dari tanggal 20 hingga 26 Februari 2014.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Wisnubrata 
KOMPAS.com —  Sabtu, 8 Maret 2014 | 16:35 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger