BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Jokowi Ingin Produk Indonesia Makin Banyak Diekspor



MAGETAN, Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo alias Jokowi menilai, produk-produk asli buatan Indonesia banyak yang memiliki kualitas tinggi dan bernilai. Karena itu, dia yakin produk Indonesia bisa sukses jika diekspor ke luar negeri.

"Produk-produk buatan Indonesia itu sebetulnya merupakan komoditas ekspor. Kualitasnya di atas internasional," kata Jokowi usai berkunjung ke sebuah tempat produksi kerajinan tradisional di Magetan, Senin (31/3/2014) siang.


Di sana, Jokowi menyaksikan para perajin tradisional membuat berbagai macam barang mulai dari tempat buah hingga topi capling. Jokowi terlihat berdialog santai dengan para pengrajin itu.

"Saya 23 tahun hidup dengan barang seperti ini. Kalau saya lihat, kelemahannya hanya di marketing," kata Jokowi yang dulunya juga seorang pengusaha mebel.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah juga harus hadir dan membantu usaha kecil menengah untuk terus mengembangkan produknya. Pemerintah, menurut dia, bisa membantu dengan menyediakan fungsi marketing dan promosi.

"Jadi bagaimana negara hadir mendukung industri kecil. Satu (tempat buah) tadi murah sekali, Rp 8.000 itu sangat murah. Sangat kompetitif jika bersaing di pasar internasional. Dan pengrjain kita punya kemampuan itu," ujarnya.

Seperti biasanya, kehadiran Jokowi kali ini juga mengundang perhatian masyarakat. Mereka yang tinggal di dekat rumah produksi itu langsung berkumpul begitu mengetahui kedatangan Jokowi. Mereka pun berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Pada akhir pekan ini, Jokowi kembali menjadi juru kampanye PDI-P. Dia dijadwalkan mengikuti kampanye pemilu legislatif di beberapa kota di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dan Banjarmasin. Rangkaian kegiatan kampanye Jokowi dimulai pada Kamis (27/3/2014) malam dan akan berlangsung hingga Senin (31/3/2014) malam.


Penulis : Ihsanuddin , Editor : Caroline Damanik
KOMPAS.com - Senin, 31 Maret 2014 | 14:57 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger