BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Jokowi Kunjungi Kediaman Penasihat Politik Bung Karno





JAKARTA, Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo atau Jokowi, mengunjungi kediaman almarhum dr. Radjiman Wedyodiningrat di Desa Kauman kecamatan Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3/2014) siang. Menurut Jokowi, Radjiman yang pernah menjabat sebagai pendiri Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) merupakan salah satu penasihat politik Bung Karno. 

"Pak Radjiman ini kan salah satu mentor politik Bung Karno. Dia yang membuat Bung Karno akhirnya mendeklarasikan Pancasila," kata Jokowi dalam sambutannya di tempat tersebut.

Ketua DPD PDI-P Jawa Timur Sirmadji yang mendampingi Jokowi juga mengungkapkan hal serupa. "Kami mengajak Pak Jokowi ke museum Radjiman Wediodiningrat karena dia pejuang, sesepuh yang sangat dihargai oleh Bung Karno," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga membacakan surat perintah berisi mandat yang ditulis oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Mandat itu berupa perintah mengamankan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Surat yang sama juga menekankan pentingnya menjalankan trisakti secara konsisten melalui pembangunan semesta dan berencana, mengutamakan prinsip musyawarah dan gotong royong, serta dedikasikan hidup untuk rakyat.

Kehadiran Jokowi di kediaman almarhum Radjiman ini mengundang perhatian masyarakat. Mereka mengerubungi Jokowi untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Kegiatan Jokowi hari ini merupakan rangkaian kampanye yang telah dilakukan sejak Kamis (27/3/2014) malam pekan lalu di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Hari ini merupakan hari terakhir kampanyenya sebelum ia kembali ke Jakarta.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Laksono Hari Wiwoho 
KOMPAS.com- Senin, 31 Maret 2014 | 12:50 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger