BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, March 29, 2014

Jokowi Pasang Target PDI-P Raup Minimal 36 Persen Kursi DPR




JAKARTA, Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Joko Widodo ingin partainya mendapatkan suara sebanyak-banyaknya pada Pemilu Legislatif 2014. Dia mengatakan, perolehan suara partai tersebut harus bisa dikonversi menjadi lebih dari 35 persen kursi DPR. 

"Kalau kita cuma dapat 20 persen (kursi DPR) tidak cukup. Paling tidak di atas 35 persen itu akan kuat. Minimal kita dapat 36 persen," kata Jokowi saat berorasi di depan kader PDI-P Sukabumi di Rumah Makan Lembur Kuring 3, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/3/2014) malam.


Jokowi mengatakan, perolehan 20 persen kursi DPR memang cukup untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden sendiri. Namun, kata dia, perolehan tersebut tak cukup besar untuk menjalankan pemerintahan dengan efektif.

"Kita punya presiden, tapi (proporsi) dewannya sangat kecil, susah. Saya bukan tipikal orang yang mau lobi-lobi. Kalau mau mengajukan program harus lobi-lobi dulu saya ndak akan mau. Kita perlu dewan yang kuat sehingga program kita mudah diterima," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, jika PDI-P sudah mendapatkan kursi di atas 35 persen, maka akan sangat mudah untuk menjalin koalisi. Dia berpendapat, koalisi antar-partai bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan.

"Kalau (perolehan kursi DPR) di atas 35 persen, cari kawan tidak usah banyak-banyak. Satu atau dua atau tiga (partai) cukup, tapi bisa diajak berkawan. Koalisi itu platform dan ideologi harus sama," papar Jokowi.

Jokowi mengajak kader dan simpatisan PDI-P berjuang keras mewujudkan target tersebut. "Ajak semuanya bapak ibu ke kanan kiri tetangga di RT, RW, dan kelurahan untuk memilih PDI-P pada 9 April mendatang," seru dia.

Sebagaimana ketentuan UU Pemilu Presiden, pencalonan pasangan calon presiden atau wakil presiden menggunakan pilihan parameter perolehan suara sah dalam pemilu legislatif atau kursi DPR. Pasal 9 UU Pemilu Presiden menyatakan bahwa pasangan calon dapat diusung partai politik atau gabungan partai politik dengan syarat minimal dukungan 20 persen suara sah pemilu legislatif atau 25 persen kursi DPR.

Terkait kegiatan kampanye menjelang Pemilu Legislatif 2014, Jokowi telah mengajukan cuti untuk Jumat (28/3/2014) kepada Kementerian Dalam Negeri. Pada akhir pekan ini, dia dijadwalkan mengikuti kampanye pemilu legislatif di beberapa kota di Jawa Barat dan Banten. Rangkaian kegiatan kampanye Jokowi akan berlangsung hingga Senin (31/3/2014), yang bertepatan dengan hari libur nasional.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Palupi Annisa Auliani 
KOMPAS.com —  Jumat, 28 Maret 2014 | 00:03 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger