BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, March 28, 2014

Jokowi Perlu Jelaskan Urgensinya Jadi Capres untuk Akhiri Kontroversi



JAKARTA, Kesiapan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan menimbulkan kontroversi. Ada yang berpendapat Jokowi sebagai politikus kutu loncat, mengingat rekam jejak karier politiknya. Ada juga yang mafhum lantaran jenuh akan tokoh-tokoh lama.
 
Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, sebenarnya kontroversi pencapresan itu bisa diakhiri oleh Jokowi sendiri. Caranya ialah dengan menyampaikan sendiri alasan mendasar mengapa dia bersedia menerima mandat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk maju sebagai capres.

"Sampaikan langsung dong ke rakyat, signifikansi, relevansi, serta urgensi pencapresan Jokowi dalam Pemilu 2014. Mungkin saja kontroversi soal pencapresannya itu serta-merta akan berakhir," ujar Siti kepada Kompas.com, Jumat (28/3/2014) siang.

Menurut Siti, pencalonan Jokowi sebagai presiden tidak dapat dibendung. Namun, ia mengimbau jangan sampai Jokowi terkesan seperti ninggal glonggong colong playu atau pergi begitu saja tanpa menjelaskan kepada konstituennya yang membawa Jokowi duduk di kursi DKI-1. Penjelasan itu juga perlu agar konstituen tidak merasa dikhianati oleh rencana Jokowi menuju Istana.

"Selain itu, gunanya Jokowi menanggapi segera pencapresannya adalah supaya dia tidak dijadikan komoditas politik bagi lawan politik karena dinilai loncat-loncat dalam menjalankan tugas," kata Siti.
Jokowi memastikan siap dicalonkan menjadi presiden dari PDI Perjuangan. Pernyataan Jokowi tersebut diungkapkan saat Jokowi blusukan di Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014) pukul 14.49 WIB. Jokowi pernah mengatakan bahwa dirinya akan menjelaskan langsung kepada rakyat Jakarta soal pencapresannya. Namun, hingga saat ini janji tersebut belum terwujud.

Penulis : Fabian Januarius Kuwado , Editor : Laksono Hari Wiwoho 
KOMPAS.com —  Jumat, 28 Maret 2014 | 16:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger