BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 17, 2014

Jokowi Rajai Sosial Media




JAKARTA - Perdebatan dalam sosial media sudah semakin ramai. Debat itu pun terjadi dalam ranah politik. Ketika ada suatu isu yang menjadi penggerak maka pihak yang lain juga ikut mengomentari isu tersebut.

Associate Director Paramadina Graduate School, Abdul Malik Gismar menuturkan bahwa tokoh yang paling banyak dibicarakan menjadi bagian dari perdebatan dalam sosial media. Dalam hal ini Joko Widodo menjadi faktor yang tidak bisa dilupakan dalam perdebatan di Twitter.

"Jokowi menjadi penggerak isu, banyak politisi yang berkomentar mengenai ide atau masalah pencalonan Jokowi karena hampir sebagian besar topics di twitter membahas jokowi," ujarnya dalam paparan survei Reading Indonesia Project (RIPRO) di Jakarta, Minggu (16/3/2014).

Jokowi pun kerap menjadi pembicaraan bagi sejumlah tokoh politik. Beberapa tokoh partai politik seperti dari Marzuki Alie dari Partai Demokrat, Anis Matta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Aburizal Bakrie dari Partai Golkar sering dikaitkan dengan perdebatan mengenai Jokowi. Marzuki Allie mengambil porsi paling tinggi ketimbang tokoh lainnya.

"Marzukie Alie tercatat mengambil porsi 46,90 persen, Anis Matta 19,53 persen dan Aburizal Bakrie sebesar 18,93 persen dari perdebatan mengenai Jokowi di Twitter," katanya.

Survei ini diambil dari percakapan di twitter dari tanggal 1 januari hingga 15 Februari 2014. RIPRO - Paramadina melakukan analisa terhadap 1,42 juta celoteh dalam pembicaraan yang terkait dengan kandidat capres dalam Pemilu.

Penulis: arif wicaksono
Editor: Willy Widianto
Senin, 17 Maret 2014 00:57 WIB

 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger