BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, March 8, 2014

Jokowi Tak Diumumkan Jadi Capres Ancam Elektabilitas PDIP





JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri diyakini tidak akan maju menjadi calon presiden. Apalagi, sebelumnya Megawati pernah berada di puncak pemerintahan.
"Feeling saya mbak Mega nggak maju (Pilpres). Kalau selama ini mbak Mega diam, karena sedang mengolah calon kandidatnya," kata Pengamat Politik, Sukardi Rinakit di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta, Jumat (7/3).
Menurutnya, langkah PDIP yang tidak kunjung mengumumkan Joko Widodo sebagai calon presiden justru mengancam elektabilitas Jokowi. Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta itu bakal melorot bila PDIP tidak juga diumumkan sebagai capres PDIP.
"Orang jadi ragu-ragu. Dan orang tidak bisa terus kosong dan menunggu. Orang bisa saja lirik tokoh lain," ucapnya.
Hingga kini PDIP belum mengetuk palu perihal sosok capres yang akan bertarung di pemilihan presiden 2014 mendatang. Namun demikian, Sukardi menganggap, deklarasi soal sosok capres PDIP akan segera berlangsung. Apalagi, Megawati sempat bertemu dengan sejumlah kiai Nahdlatul Ulama.
"Dugaan saya iya (semakin dekat diumumkan capres PDI-P)," kata Sukardi seraya mengatakan, pertemuan Megawati dengan kiai-kiau NU membahas capres yang akan diusung PDIP.
"Dialog bu Mega dengan tokoh untuk segera munculkan tokoh yang menjadi pilihan publik," ucapnya.
Disinggung perihal calon pendamping Jokowi, Sukardi mengemukakan, kandidat Jokowi bisa berasal dari militer maupun pengusaha. "Sekarang pasar untuk wapres ini kan ramai militer, ada pengusaha. Bisa Jenderal Moeldoko, Jenderal Budiman, Tubagus Hasanuddin, Chairul Tanjung," paparnya.
Ia menyebut, Jokowi membutuhkan sosok yang tegas sebagai pendamping. Dan PDIP tidak mungkin mengajukan pasangan capres sendiri. "Nanti ada small winning coalition, tetap menggandeng partai lain dengan partai kecil lain. Itu karena kalau sendiri di parlemen tidak akan kuat," urainya.
Dari sumber yang dihimpun,  pencalonan Joko Widodo sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan hanya tinggal menunggu waktu saja. Ada juga yang mengatakan, pendeklarasian Jokowi akan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 4 April 2014.
Namun, belum dapat dipastikan, terkait informasi atas rencana deklarasi Jokowi sebagai calon dari PDI Perjuangan. (tribunnews/zul/kompas.com)

Editor: Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, Sabtu, 8 Maret 2014 09:30 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger