BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Tuesday, March 11, 2014

Jokowi Tentang Restorasi Surya, Sulit Dilaksanakan



Jakarta – Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem meluncurkan buku berjudul “Sang Ideolog”. Jokowi menyempatkan diri hadir. Menurut Jokowi, gagasan Surya mengenai restorasi sulit untuk dilaksanakan. Mengapa?
Buku setebal 487 halaman itu berisi tentang gagasan mengenai restorasi Indonesia. Menurut Jokowi, restorasi yang ditawarkan Surya Paloh merupakan gagasan besar.

“Ide dia besar, gagasan besar, dan itu hanya bisa dibuat oleh orang-orang yang punya jiwa besar,” kata Jokowi yang datang ke peluncuran buku, pada Senin (11/3/2014) malam, di Grand Hyatt Hotel, Jakarta.
Bahkan menurut Gubernur DKI Jakarta ini, apa yang disampaikan Surya Paloh dalam buku tersebut merupakan cita-cita dan impian rakyat Indonesia yang hingga sekarang masih sulit direalisasikan pemerintah.
“Kalau tentang ideologi ini, saya kira restorasi yang disampaikan dalam buku mengenai rakyat yang sejahtera, bangsa yang bermartabat, negara yang kuat. Saya kira semua rakyat bermimpi akan hal itu,” kata capres dengan elektabilitas tertinggi menurut sejumlah survei ini.
Namun, menurut gubernur ke-16 yang memimpin ibu kota Jakarta, diakuinya restorasi memang akan sulit dilaksanakan. “Yang paling penting menurut saya bagaimana mewujudkannya, bagaimana melaksanakannya, bagaimana ini menjadi gaya hidup kita agar nantinya yang dicita-citakan dalam restorasi ini betul-betul tercapai, yang sulit itu,” tandasnya.
Sementara itu, Usamah Hisyam, penulis buku “Sang Ideolog” ini mengatakan, bukan hanya restorasi Indonesia yang diungkap dalam buku ini, melainkan juga tentang perjalanan cita-cita Surya Paloh.
Sebab, kata Usamah, kekaguman pada Bung Karno, proklamator yang sejak lama sudah ditanamkan ayahnya Daud Paloh (perwira polri 1968-1971), menjadikan Surya Paloh tumbuh sebagai remaja dengan pemikiran yang ideologis. Sehingga dia memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air sejak remaja.
Tak hanya itu, Usamah yang juga penulis biografi Presiden SBY "Sang Demokrat" (2004) ini, dalam buku tersebut juga mengungkap kesetiakawanan Surya Paloh dengan kawan politiknya dan mendukungnya agar dapat mengubah Indonesia menjadi lebih sejahtera. Salah satunya dengan SBY.
"Banyak pemikiran Surya tentang perubahan dalam lima tahun pertama pemerintahan SBY yang tidak terlaksana. Padahal menjelang Pilpres, 2004 SBY berjanji akan melaksanakan sejumlah pemikiran Surya Paloh," kata Usamah yang berharap ideologis Surya Paloh ini bisa mengubah bangsa ini.

aprilia hariani/bim

NEFOSNEWS, - 11 Maret 2014 | 16:30
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger