BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Sunday, March 16, 2014

Kampanye, Jokowi Bacakan Teks Pancasila dan Proklamasi



JAKARTA, Di hadapan massa PDI-P dalam kampanye di depan Gedung Pancasila dan Gedung Proklamasi, Minggu (16/3/2014), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membacakan teks Pancasila dan naskah Proklamasi. Kalimat demi kalimat yang dibacakan oleh pria yang akrab disapa Jokowi ini kemudian diikuti oleh massa PDI-P yang mengikuti jalannya kampanye tersebut.

Awalnya, Jokowi membacakan naskah Pancasila tepat di trotoar depan Gedung Pancasila, di Jalan Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat. Sebelumnya membacakan lima sila tersebut, Jokowi mengawalinya dengan berseru "merdeka!".

Aksi kampanye ini membuat lalu lintas di depan Gedung Pancasila menjadi tersendat. Pasalnya, mobil peserta kampanye PDI-P yang mendukung Jokowi memarkirkan kendaraan di pinggir jalan. Petugas kepolisian tampak mengatur lalu lintas agar kemacetan tidak menjadi-jadi.

Setelah selesai, Jokowi lalu melanjutkan perjalanan menuju Gedung Proklamasi, di Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat. Di sana, Jokowi membacakan naskah proklamasi depan teras gedung.

"Proklamasi, kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indoensia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Jakarta hari 17 bulan 8 tahun 45, atas nama Bangsa Indonesia, Soekarno-Hatta," ucap Jokowi.

Penulis : Robertus Belarminus , Editor : Caroline Damanik 
KOMPAS.com -  Minggu, 16 Maret 2014 | 12:38 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger