BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, March 27, 2014

Mantan Jubir: Gus Dur dan Jokowi Punya Karakter yang Sama




JAKARTA, Mantan Juru Bicara Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Adhie Massardi, menilai, sosok bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko widodo mempunyai karakter yang sama dengan presiden keempat RI itu. Menurut Adhie, sebagai pemimpin, Jokowi mengerahkan kekuatannya untuk menyejahterakan rakyat.  
"Gus Dur juga dulu begitu, waktu banyak persoalan pasca-reformasi, ia betul-betul berusaha supaya negara stabil, dan rakyat harus sejahtera. Tidak ada sedikit pun ia memikirkan kepentingam pribadinya," kata Adhie, di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (27/3/2014).

Ia menyebutkan, ada dua karakter calon presiden. Pertama, karena punya keinginan menjadi presiden, dan kedua adalah karena terpaksa menjadi presiden. Hal ini, kata dia, alasan mengapa ia menyamakan Jokowi dengan Gus Dur. Menurutnya, Jokowi dan Gus Dur adalah dua sosok yang terpaksa jadi presiden karena rakyat butuh pemimpin yang benar-benar pro-rakyat.

"Kita bisa bedakan mana yang ngotot pengen jadi presiden, mana yang terpaksa," katanya.

Jika terpilih sebagai presiden, kata Adhie, Jokowi harus memilih anggota kabinet yang satu pemikiran dan memiliki karakter yang sama dengannya. Ia mengatakan, saat diangkat menjadi presiden, Gus Dur menempatkan orang-orang terdekatnya pada posisi penting.
"Beberapa posisi penting itu harus diisi sama orang yang arah pemikirannya sama dengan seorang presiden biar tidak sering terjadi pertentangan. Beberapa posisi mungkin bisa dijadikan negosiasi politik dengan pihak lain," ujarnya.

Sementara itu, terkait keraguan campur tangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri jika Jokowi menjadi presiden, menurut Adhie, tak beralasan. Ia menilai, selama menjabat Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi mampu menunjukkan kemampuannya.
"Jokowi tidak pernah jadi boneka siapa-siapa. Ia akan menjadi pemimpin sesuai dengan karakternya sendiri," kata Koordinator Gerakan Indonesia Bersih ini.

Penulis : Febrian , Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
KOMPAS.com — Kamis, 27 Maret 2014 | 21:02 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger