BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 24, 2014

Masuk "The World's 50 Greatest Leaders", Jokowi Katakan "Hebat Apaan"




JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku belum mengetahui bahwa dirinya masuk dalam daftar "The World's 50 Greatest Leaders" versi majalah Fortune. Dalam daftar tersebut, Jokowi duduk di peringkat ke-37.

"Saya belum tahu," ujarnya di Balaikota Jakarta, Senin (24/3/2014).

Meski demikian, Jokowi mengaku bahwa penghargaan semacam itu justru hanya akan menjadi beban baginya. Walaupun ia juga mengakui, sebuah penghargaan juga bisa menjadi pelecut bagi seseorang untuk lebih maju lagi.

"Hebat apaan, biasa saja. Penghargaan seperti itu bisa jadi ujian, tapi bisa menjadi pendorong, ya kan? Dan itu berat," ujar pria yang telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden ini.

Di dalam artikel tanggal 20 Maret 2014 itu, Fortune menggambarkan sosok calon presiden yang diusung PDI Perjuangan itu secara singkat.

"Pada 2005, eksportir furnitur itu terpilih sebagai Wali Kota Solo, kota dengan populasi 500.000 orang di Indonesia. 'Jokowi', begitu dia biasa dikenal, membersihkan kota itu dan membongkar korupsi, mencengangkan kelelahan publik Indonesia terhadap status quo. Jokowi melejit dengan cepat. Pada 2012, dia terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kini dia menjadi favorit untuk memenangi pemilihan presiden RI pada Juli 2014."

Dalam daftar tersebut, Jokowi berada bersama dengan para pemimpin dan pebisnis dunia. Peringkat pertama diduduki Paus Fransiskus, disusul dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di posisi 2. Peringkat 3 dan 4, menjadi milik CEO Ford Motor Co Allan Mullaly dan miliarder dan filantropis Warren Buffett. Di peringkat ke-5 ada nama mantan Presiden AS, Bill Clinton, disusul tokoh demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi. Panglima Angkatan Bersenjata AS di Afganistan, Jenderal Joe Dunford, berada di urutan ke-7.

Berikutnya ada nama musisi Bono, pemimpin Tibet Dalai Lama, dan bos Amazon.com, Jeff Bezos. Nama-nama terkenal lain yang masuk dalam daftar itu adalah Direktur IMF Christine Lagarde; aktris Angelina Jolie; bos Apple, Tim Cook; dan aktivis muda, Malala Yousafzai.

Penulis: Alsadad Rudi
Editor : Caroline Damanik
KOMPAS.com — Senin, 24 Maret 2014 | 14:35 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger