BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, March 13, 2014

Pagi-pagi, Jokowi "Ketamuan" Pendukung dari Kaum Muda




JAKARTA, Sukarelawan Indonesia untuk Perubahan (SIPerubahan) datang ke rumah dinas Gubernur Jakarta Joko Widodo, Jalan Taman Surapati, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/3/2014).

Para aktivis muda, kaum intelektual, dari Sabang sampai Merauke tersebut menyatakan dukungan kepada Jokowi untuk maju sebagai calon presiden. Nur Fahmi, salah satu sukarelawan, mengungkapkan, dukungan kuat kepada Jokowi sangat beralasan.


Berdasarkan diskusi di internal aktivis, pihaknya melihat Indonesia tengah memasuki masa transisi dalam bidang politik. Jokowi, menurut para aktivis, merupakan salah seorang tokoh yang identik dengan perubahan.

"Kita melihat bahwa arus utama suara publik makin mengerucut dengan menampilkan Jokowi sebagai ikon perubahan. Kami pun sepakat mendorong Jokowi sebagai presiden," ujarnya kepada Kompas.com, di rumah dinas sang gubernur pada Kamis pagi.

Jokowi, lanjut Nur Fahmi, telah menjadi fenomena tersendiri di masyarakat. Aksinya di Surakarta dan DKI Jakarta merupakan bentuk dari kebaikan politik, bukan politik yang didasarkan pada kepentingan golongan tertentu di masyarakat.

"Jokowi menghadirkan sebuah semangat baru, yakni perubahan yang otentik. Masyarakat kita ingin agar tatanan politik kita tidak hanya proses elitis lima tahunan, tapi politik yang jadi ruang bagi partisipasi rakyat. Persis apa yang Pak Jokowi buat," ujarnya.

SIPerubahan adalah forum komunikasi kaum muda yang terdiri dari akademisi, aktivis, seniman, dan pimpinan komunitas muda dari Aceh hingga Papua. Sejak Rabu (12/3/2014) sampai Kamis (13/3/2014) para aktivis itu membicarakan sejumlah isu bangsa dalam rangka Silaturahim Nasional ke-II di Jakarta.

Pantauan Kompas.com, acara silaturahim para aktivis di kediaman sang gubernur berlangsung cukup lama, yakni dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Beragam isu, mulai dari teknologi informasi, pertanian, dan kebijakan publik menjadi pembahasan di antara aktivis muda dan sang gubernur. 


KOMPAS.com —  Kamis, 13 Maret 2014 | 10:09 WIB
Penulis : Fabian Januarius Kuwado , Editor : Kistyarini
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger