BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Pengamat: Jokowi Pasti Jadi Presiden kecuali Ada Perubahan Luar Biasa




JAKARTA, Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, menilai bahwa calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, akan sulit dilawan jika partai politik lain tidak melakukan manuver besar. Menurutnya, jika kondisi masih seperti sekarang, maka dapat dipastikan Jokowi akan menjadi Presiden RI 2014-2019.
 
Emrus menyebutkan, dari semua hasil survei menjelang Pemilu 2014, tak satu pun survei yang tidak meletakkan elektabilitas Jokowi pada posisi pertama. Hal itu akan sangat sulit diubah jika partai lain tidak mengubah strateginya secara drastis, misalnya dengan mengganti calon presiden yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Ini tidak terbantahkan, (Jokowi) tidak ada lawan kecuali partai lain berani mencalonkan orang baru. Misalnya, ARB (Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, red) mengundurkan diri dan menaikkan calon lain, seperti Priyo Budi Santoso, atau Demokrat berani menegaskan Dahlan Iskan sebagai capres," katanya, Senin (31/3/2014) di Jakarta.

Ia berpendapat bahwa sikap pasif parpol lain hanya akan terus melambungkan Jokowi dan menguntungkan PDI-P. Meski demikian, ia mengatakan bahwa saat ini publik mempertanyakan apakah ketua umum partai dapat mencalonkan orang lain di luar lingkungan terdekatnya, seperti dilakukan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memberikan kesempatan kepada sosok baru di luar keluarga besarnya.

"Karena itu, saya berani katakan tinggal tunggu waktu Jokowi dilegalkan jadi presiden, kecuali terjadi perubahan yang sangat luar biasa," ujarnya.

Jokowi telah menerima mandat dari Megawati untuk maju sebagai capres. Gubernur DKI Jakarta itu juga menjadi juru kampanye nasional bagi PDI Perjuangan. Saat ini Jokowi tengah melakukan kampanye berkeliling Jawa.

Penulis : Meidella Syahni , Editor : Laksono Hari Wiwoho , Senin, 31 Maret 2014 | 15:29 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger