BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Puluhan Bilik Suara Pileg di Palopo Rusak



Palopo - Bilik tempat pencoblosan pemilihan legislatif (pileg) yang terbuat dari kertas karton rusak dimakan rayap. Kondisi bilik suara yang sedianya akan digunakan pada 9 April nanti rusak dan bolong-bolong akibat dikerubuti ratusan rayap.

Kepala Subbagian Program dan Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo, Sulawesi Selatan, Andi Zulkarnaen, yang ditemui Tempo, Senin, 31 Maret 2014, membenarkan bahwa ada puluhan bilik suara yang rusak akibat dimakan rayap. “Jumlahnya ada 32 lembar bilik yang rusak, tapi seluruhnya sudah kami ganti dengan bilik suara yang terbuat dari aluminium,” kata Andi Zulkarnaen.

Kerusakan bilik suara itu diketahui saat dilakukan pengecekan logistik pileg di gudang logistik KPU di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Palopo, sepekan yang lalu. ”Begitu kami ketahui ada yang rusak, langsung kami laporkan ke KPU provinsi dan kami meminjam bilik suara dari KPU Toraja, dan sudah dikirimkan sebanyak 100 bilik,” ujarnya.

Komisioner KPU Palopo Divisi Logistik Amran Anas mengatakan gudang tempat penyimpanan logistik pileg memang banyak rayap. Seluruh bilik suara yang terbuat dari karton dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi dan tidak menyentuh lantai. “Ada 593 bilik suara yang terbuat dari karton. Namun kalau yang rusak sudah kita ganti dan dipastikan tidak akan mengganggu proses distribusi nanti,” kata Amran.

Untuk pileg di Kota Palopo, KPU menyiapkan 1.404 bilik suara yang akan digunakan di seluruh tempat pemungutan suara di Kota Palopo. Rencananya proses distribusi akan mulai dilakukan setelah pengepakan dan pengesetan. “Hari ini kita sudah mulai lakukan pengepakan dan pengesetan logistik pileg paling lambat satu hari sebelum hari seluruh logistik sudah terdistribusi,” ia mengungkapkan.

HASWADI

TEMPO.CO, Senin, 31 Maret 2014 | 17:23 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger