BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, March 13, 2014

Soegeng Sarjadi Nilai Megawati Tahu Diri Sulit Menang jika "Nyapres"



JAKARTA, Pengamat politik senior Soegeng Sarjadi memprediksi bahwa Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri tidak akan maju kembali pada Pemilihan Presiden 2014. Soegeng meyakini, Megawati akan memberikan kesempatan kepada tokoh yang lebih muda seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi.
 
"Saya yakin Megawati tidak akan maju lagi (jadi capres). Dia itu kan putri Bung Karno, orang Jawa. Sudah pernah jadi wakil presiden, sudah pernah jadi presiden," kata Soegeng dalam sambutannya di Rilis Telesurvei Pilpres 2014 Soegeng Sarjadi School of Government di Jakarta, Kamis (13/2/2014).
Soegeng menilai, Megawati sudah puas dengan pencapaiannya sebagai presiden dan wakil presiden itu. Dia juga menilai bahwa Megawati akan tahu diri bakal sulit menang jika maju kembali pada Pilpres 2014.

"Kalau dia mencalonkan lagi, iya kalau menang, kalau kalah hancur. Ini belum kita survei, tapi analisis saya tidak mungkin dia mencalonkan diri lagi," ujar dia.
Soegeng menambahkan, Megawati bakal memutuskan Jokowi maju pada pilpres lantaran tingginya elektabilitas mantan Wali Kota Surakarta itu.

"Nah, sekarang ada faktor orang-orang kayak Jokowi. Yang seperti inilah yang disebut survei. Survei itu ibarat nonton film di bioskop yang cuma dihadiri oleh 200 orang. Saya hanya menunggu di luar. Setelah selesai, saya tanya satu-satu yang keluar, bagus enggak filmnya? Kalau banyak yang bilang bagus, yang berarti bagus itu film. Nah, kurang lebih survei seperti itu. Tidak perlu terlalu didebatkan metodologinya," jelas dia.

Seperti diberitakan, hingga saat ini PDI-P belum memutuskan capres yang akan diusung pada Pilpres 2014. Hanya saja, Jokowi masuk dalam skenario PDI-P dalam menghadapi Pilpres. Megawati pernah menyebut bisa saja penetapan capres dilakukan sebelum Pileg. Selain Jokowi, banyak juga pihak internal PDI-P yang mendorong Megawati maju kembali pada Pilpres 2014.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Sandro Gatra 
KOMPAS.com —  Kamis, 13 Maret 2014 | 11:03 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger