BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, March 8, 2014

Survei Cirus, Jokowi Capres Populer dan Paling Disukai



JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo adalah calon presiden yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Tingkat keterkenalan masyarakat terhadap kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu juga sangat tinggi. Hal tersebut berdasarkan survei Cirus Surveyors Group yang dirilis di Jakarta, Sabtu (8/3/2014) siang.

“Kita mengukur keterkenalan dan kesukaan masyarakat terhadap bakal capres. Hasilnya, Jokowi berada di urutan atas baik untuk tingkat keterkenalan dan kesukaannya,” kata peneliti Cirus Kadek Dwita Apriani saat memaparkan hasil surveinya.


Untuk keterkenalan, Jokowi berada di peringkat kedua dengan 91,9 persen responden. Dia hanya kalah dengan Ketua Umumnya di PDI-P Megawati Soekarnoputri yang mendapatkan 92,3 persen responden. Di peringkat ketiga adalaha Bakal Presiden Partai Kebangkitan Bangsa Jusuf Kalla dengan 87,1 persen.

Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan keempat dengan 82,1 persen. Capres Partai Hanura, membayangi dibawahnya dengan 81,1 persen. Capres Partai Golkar Aburizal Bakrie menutup enam besar dengan 78,7 persen. Capres sisanya, tidak ada yang mendapatkan lebih dari 50 persen dalam kategori keterkenalan.

Untuk kategori kesukaan, kali ini Jokowi berada pada peringkat pertama dengan 90,8 persen. Prabowo berada pada posisi kedua dengan skor yang agak jauh, yakni 75,6 persen. Kalla membayangi Prabowo dengan presentase 75,0 persen. Capres Konvensi Demokrat Dahlan Iskan berada pada posisi keempat dengan 71,6 persen. Capres lainnya tidak ada yang mendapatkan lebih dari 70 persen dalam kategori kesukaan.

Survei ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling dengan 2200 responden yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 2 persen. Survei didanai oleh Cirus dan Tim Visi Indonesia 2013 bekerjasama dengan Harian Republika. Proses pengumpulan data berlangsung dari tanggal 20 hingga 26 Februari 2014.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Wisnubrata 
KOMPAS.com – , Sabtu, 8 Maret 2014 | 18:27 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger