BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, March 8, 2014

Survei: Hampir Setengah Responden Tak Tahu Pemilu 9 April




JAKARTA, Pemilu legislatif tinggal satu bulan lagi. Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kapan tanggal pemilu legislatif akan dilaksanakan. Hal tersebut diketahui berdasarkan survei Cirus Surveyors Group yang dirilis di Jakarta, Sabtu (8/3/2014).
 
"Banyak masyarakat masih belum mengetahui jadwal pemilihan anggota Dewan. Ketika ditanya apakah Anda mengetahui hari pemilihan legislatif, sebanyak 42,83 persen menjawab tidak tahu," kata Peneliti Cirus Kadek Dwita Apriani saat memaparkan hasil surveinya.
Kadek menjelaskan, tanggal 9 April selama ini kurang disosialisasikan di media massa. Media, sejak 2013 lalu, hanya menyebut tahun pemilu, yakni 2014. Sementara tanggal 9 April baru sering disebut media sejak memasuki awal 2014.
"Ketika kita bertanya kepada responden, apakah mereka tahu pemilu dilaksanakan tahun 2014 ini, mereka 90 persen tahu, tapi ketika ditanya tanggalnya tidak tahu," jelasnya.
Kadek menilai, media merupakan kunci utama untuk melakukan sosialisasi. Meskipun tinggal tersisa satu bulan, jika media secara masif menyebut tanggal 9 April dalam pemberitaannya, maka Kadek yakin informasi mengenai hari penyelenggaraan pileg tetap bisa tersosialisasi dengan baik.
Survei ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling dengan 2200 responden yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 2 persen.
Survei didanai oleh Cirus bekerjasama dengan Harian Republika. Proses pengumpulan data berlangsung dari tanggal 20 hingga 26 februari 2014.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Sandro Gatra 
KOMPAS.com -  Sabtu, 8 Maret 2014 | 14:44 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger