BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, March 31, 2014

Tanpa Kekuatan Hukum, Mandat Capres Jokowi Bisa Saja Dicabut



JAKARTA, Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, menilai bahwa mandat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno terhadap Joko Widodo tidak memiliki kekuatan hukum. Menurutnya, mandat itu bisa saja dicabut jika hasil pemilihan legislatif pada 9 April tidak menguntungkan PDI-P.
 
Emrus mengatakan, sebetulnya kekuatan Jokowi sebagai calon presiden saat ini mustahil ditandingi oleh partai lain. Ia yakin terpilihnya Jokowi sebagai presiden hanya tinggal tunggu waktu jika partai lain tidak melakukan perubahan luar biasa, misalnya mengajukan calon presiden baru.

Meski demikian, Emrus menilai mandat yang diberikan oleh Megawati kepada Jokowi bisa saja dicabut. Ia juga mempertanyakan sikap Megawati maupun PDI-P untuk tidak mengintervensi Jokowi, jika ia terpilih sebagai presiden.

"Masih ada kemungkinan mandat ini dicabut. Kalaupun tidak, apakah Megawati berani menyatakan PDI-P tidak akan merecoki urusan kabinet nanti? Apakah PDI-P berani memberikan hak prerogatif dan kebebasan kepada Jokowi memilih kabinetnya?" kata Emrus dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (31/3/2014).

Ia memuji sikap Megawati karena berani memberikan kesempatan kepada orang di luar keluarga besarnya sebagai capres. Namun, ia menilai bahwa sikap negarawan Megawati baru terbukti jika PDI-P benar-benar "mewakafkan" Jokowi untuk negara.

"Jangan sampai kabinet seperti zaman SBY yang transaksional, sehingga menterinya susah diatur," ujarnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar Dewan Pimpinan Pusat PDI-P membuat surat keterangan resmi tentang pencapresan Jokowi. Jika Jokowi sudah resmi terpilih sebagai presiden, maka tugas PDI-P adalah mengawasi kerja Jokowi agar tidak melanggar UUD. Ia juga mengimbau agar presiden terpilih tidak melakukan negosiasi politik dan menepis kepentingan partai.

Penulis : Meidella Syahni , Editor : Laksono Hari Wiwoho , Senin, 31 Maret 2014 | 15:43 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger