BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Tuesday, April 22, 2014

"Cawapres untuk Jokowi Minimal kayak Ahok"




JAKARTA, Bakal calon wakil presiden untuk mendampingi bakal calon presiden Joko Widodo (Jokowi) disarankan memiliki karakter seperti Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pasalnya, duet antara Jokowi dan Basuki telah teruji efektif selama memimpin pemerintahan di Jakarta. 

"Kalau pemimpinnya kayak Jokowi, wakilnya minimal kayak Ahok," kata pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Indria Samego, di Jakarta, Selasa (22/4/2014).
Indria menjelaskan, sosok Jokowi yang gemar bekerja di luar kantornya harus memiliki wakil yang mampu mengurus administrasi di balik meja. Duet antara Jokowi dan Basuki terbukti solid karena cocok dengan perannya masing-masing.

Ia melanjutkan, duet Jokowi-Basuki juga terbukti mampu mengatasi tirani mayoritas. Pemerintahan di DKI tetap berjalan baik meski kondisi di legislatif dikuasai oleh partai yang tak mendukung Jokowi-Basuki pada saat pemilu gubernur.

"Calonnya harus dipertimbangkan yang memiliki chemistry menurut Jokowi. Karakter seperti Ahok bagus dan konsisten, walaupun banyak kuping yang tergelitik dengan gayanya Pak Ahok," pungkasnya.

Hingga kini figur yang akan menjadi bakal cawapres Jokowi masih misteri. Sejumlah nama muncul, di antaranya Wakil Presiden RI 2004-2009 Jusuf Kalla; Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad; mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD; dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Penulis: Indra Akuntono
Editor : Sandro Gatra

KOMPAS.com —Selasa, 22 April 2014 | 17:35 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger