BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, April 4, 2014

Cuti Kampanye, Jokowi Titipkan Jakarta kepada Basuki




JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta, yang menjadi bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, mengambil cuti, Jumat (4/4/2014) ini. Ia akan menjadi juru kampanye untuk PDI-P.

Jokowi pun menitipkan beberapa persoalan Ibu Kota kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pada Kamis (3/4/2014) siang, ia menyambangi kantor Basuki yang berada di lantai 2 Gedung Blok G, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jokowi dan Basuki melakukan pertemuan selama sekitar satu jam. 

"Ya saling siapkan hal administratiflah, hal-hal apa saja yang akan kita lakukan. Arahannya ngomong-ngomong saja, terkait waduk, sampah, dan banyak lagi," ujar Jokowi, seusai pertemuan.

Salah satu topik yang dominan didiskusikan adalah soal target pembangunan 24 waduk baru di Jakarta melalui APBD 2014. Jokowi meminta Basuki memeriksa kembali dokumen pembebasan lahan masyarakat.

"Kami mau bangun banyak waduk soalnya. Saya minta panggil aja semua Kadis. Tanya, apakah ada pembebasan lahan atau ndak. Kayak di Cilangkap itu, ada sedikit tanah yang masih belum dibebaskan," ujarnya.

Jokowi berpesan agar pembebasan lahan harus diiringi dengan mobilisasi alat berat. Untuk menghindari alat berat belum siap, sementara lahan sudah dibebaskan. Jika hal itu terjadi, menurut Jokowi, masyarakat rentan kembali lagi ke sana secara ilegal sehingga muncul persoalan di kemudian hari.

Jokowi membantah tak fokus lagi mengurusi persoalan Jakarta. Menurutnya, dia tetap mampu membagi pikiran antara hal yang berkaitan pencapresan dengan kerja sebagai gubernur. Sistem pendelegasian wewenang, kata Jokowi, adalah metode yang ampuh jika ia harus mengurusi hal yang berkaitan dengan pencapresan.

Sementara, terkait kegiatannya sebagai bakal capres, pada Kamis malam kemarin, Jokowi memulai safari politik dengan berkunjung ke kediaman musisi kawakan Iwan Fals. Dan, Jumat pagi ini, Jokowi bertolak ke beberapa kota di Jawa Timur, antara lain Jember dan Surabaya, untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh, simpatisan dan warga.

Hari ini merupakan cuti kedua yang digunakan Jokowi untuk kampanye. Ia telah mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri sejak 28 Maret 2014.

Penulis : Fabian Januarius Kuwado , Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
KOMPAS.com - Jumat, 4 April 2014 | 07:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger