BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, April 24, 2014

Dua Tokoh Ini Dipertimbangkan Jadi Pendamping Jokowi



JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengerucutkan dua nama calon wakil presiden pendamping Joko Widodo. Siapakah kedua tokoh yang akan mendampingi Jokowi dalam pertarungan pemilihan presiden 2014?

"Pak Ryamizard dan Pak JK (Jusuf Kalla)," kata Ketua DPP PDIP, Rokhmin Dahuri, ketika dikonfirmasi, Kamis (24/4/2014).

Rokhim menjelaskan, dua tokoh tersebut dipertimbangkan menjadi pendamping Jokowi. Jusuf Kalla dinilai bisa menarik suara di wilayah Indonesia Timur, lalu suara umat muslim melalui ICMI serta NU. "Mudah-mudahan umat Islam bisa percaya," katanya.

Rokhim juga menjelaskan banyak masyarakat merindukan JK duduk di pemerintahan kembali. Apalagi, JK cepat mengambil keputusan. "Padahal bangsa ini sudah letih dengan ketimpangan," katanya.

Rokhim mengatakan pihaknya juga percaya JK tidak akan melangkahi kewenangan Jokowi bila terpilih memimpin Indonesia. "Zaman SBY beliau mengatakan tidak melangkahi SBY, misalnya soal konversi gas dan listrik 1500 mega watt itu ada disposisinya," imbuhnya.

Sementara untuk Ryamizard Ryacudu, kata Rokhim, PDIP membutuhkan sosok tegas. "Tapi setelah digodok ternyata power bukan soal kekuatan tapi soal konsistensi kebijakan, bisa tepat memberi penghargaan dan hukuman, seperti yang dilakukan masih Jokowi," ungkapnya.

Rokhim juga menjelaskan juga mengapa PDIP akhirnya tidak memilih Mahfud MD. Ia menilai Mahfud cukup baik di bidang hukum dan mempresentasikan Islam.

"Tapi soal ekonomi belum cakap. Padahal kebutuhan kita adalah soal hukum. Ekonomi banyak klasifikasi cabangnya, misalnya soal demografi, daya saing, ketahanan pangan energi," tuturnya.
Lalu apakah Megawati telah memutuskan antara JK atau Ryamizard Ryacudu?

"Belum. Masih tahajud dan istikharah," katanya.

PDIP, ujar Rokhim, akan segera melakukan deklarasi calon wakil presiden pendamping Jokowi. "Paling cepat minggu depan. Paling lambat setelah quickcount," tuturnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: sanusi

TRIBUNNEWS.COM, Kamis, 24 April 2014 20:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger