BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, April 4, 2014

Iwan Fals: Biasa Saja, Bukan Cuma Jokowi yang Datang ke Rumah Saya

Headline


DEPOK, Musisi legendaris Virgiawan Listanto alias Iwan Fals mengatakan, sudah banyak politisi yang datang ke rumahnya. Iwan pun menegaskan bahwa dia bukan pemilik OI, kelompok fans-nya, dan dia tak berminat terjun ke dunia politik.

"Biasa saja," kata Iwan, seusai didatangi Gubernur DKI Jakarta sekaligus bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo, Kamis (3/4/2014) malam. Dia menolak bila kunjungan Jokowi akan membawa kelompok penggemarnya mendukung pencalonan Jokowi.


"Saya bukan pemilik OI, saya tidak punya apa-apa. Saya hanya satu dari 300 pendiri OI," kata Iwan. "Saya pernah ikut pemilu di OI, dan saya kalah. Waktu itu suara saya cuma satu," imbuh dia di hadapan Jokowi.

Iwan menyebutkan, politisi selain Jokowi yang pernah datang ke rumahnya di Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan; mantan Menteri Kehutanan, MS Kaban; mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault; dan mantan Ketua MPR, Amien Rais.

Tak minat berpolitik

Dalam kesempatan itu, Iwan bercerita saat Amien mengunjunginya menjelang Pemilu Presiden 2004. Saat itu, ujar dia, Amien mengatakan bahwa kunjungannya tak bermuatan politis. Namun, Amien sempat mengajak foto bersama, dan foto itu lalu menyebar luas.

"Saya bilang saya tidak mau ikutan (berpolitik). Saya nyantai saja, saya tidak mengerti. Yang terjadi apa? Ya Pak Amien kalah," ujar Iwan. Karena itu, dia pun berharap Jokowi tak memanfaatkan kedatangannya ke rumah Iwan sebagai upaya mencari dukungan politik.

Menanggapi hal itu, Jokowi mengatakan bahwa kedatangannya ke rumah Iwan adalah silaturahim biasa. Dia mengatakan sudah lama saling kenal dengan Iwan, yaitu sejak Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Ini bukan pertemuan politik. Mas Iwan sudah lama kenal dengan saya sejak di Solo. Jadi, jangan dikait-kaitkan dengan masalah politik," ucap Jokowi. Dia mengatakan, kedatangannya adalah prakarsa Sekretariat Nasional Pendukung Jokowi dan komunitas seni Empu Baheula.

Jokowi mendatangi rumah Iwan dengan didampingi Ketua MPR dan politisi senior PDI-P, Sidarto Danusubroto. Selain itu, ada pula politisi lain dari PDI-P, antara lain Eva Kusuma Sundari, dan sejumlah relawan Seknas Jokowi.

Penulis : Alsadad Rudi , Editor : Palupi Annisa Auliani 
KOMPAS.com —  Jumat, 4 April 2014 | 06:34 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger