BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, April 4, 2014

Jokowi Khawatir Dicurangi


Jokowi Mendatangi Rumah Iwan Fals di Depok  


JAKARTA, Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo, khawatir Pemilihan Legislatif atau Pemilihan Presiden 2014 diwarnai kecurangan. Jokowi mengatakan bahwa pihaknya menemukan kerawanan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2014.

"Pertama, rawannya sistem IT (Informasi Teknologi) KPU (Komisi Pemilihan Umum) yang tidak mendapatkan pemutakhiran signifikan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi," ujar Jokowi kepada wartawan, usai membuka Media Center JKW4P di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2014) malam,


Salah satu contoh, lanjut Jokowi, KPU hingga saat ini belum memberikan penjelasan secara lengkap dan rinci terkait insiden matinya situs resmi KPU, beberapa waktu lalu. Padahal, PDI Perjuangan telah mengirimkan surat pertanyaan resmi.

Selanjutnya, pihaknya juga menemukan persoalan dalam urusan logistik dan distribusi surat dan kotak suara. Hal tersebut sangat memungkinkan terjadinya manipulasi suara dalam Pemilu 2014.

"Yang ketiga, adanya pelibatan oknum aktor keamanan dalam proses Pemilu 2014 yang dapat memicu ketegangan di wilayah tertentu, misalnya Aceh, Poso, NTB, Maluku dan Papua," ujar Jokowi.

Atas temuan tersebut, Jokowi berharap adanya kerja sama seluruh pihak, mulai dari masyarakat hingga penyelenggara pemilu untuk memastikan bahwa hal-hal tersebut tidak terjadi dan pemilu dapat berlangsung demokratis, jujur dan adil.

Penulis : Fabian Januarius Kuwado , Editor : Ana Shofiana Syatiri 
KOMPAS.com -  Jumat, 4 April 2014 | 07:23 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger