BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, April 7, 2014

Jokowi-Mahfud, Capres-Cawapres Favorit Kalangan Santri




JAKARTA, Bakal calon Presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo atau Jokowi dan bakal balon Presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden favorit pilihan kelompok santri. Mahfud dinilai paling dikenal di kalangan santri maupun kiai.
 
Hal tersebut disampaikan oleh peneliti dari STAIN Salatiga, Munajat, saat memaparkan hasil survei di Hotel The Acacia, Jakarta, Senin (7/4/2014).

"Dalam skenario Jokowi sebagai capres, figur yang paling cocok adalah Mahfud MD," katanya.
Nama Mahfud mengungguli tokoh-tokoh politik seperti Prabowo Subianto (Partai Gerindra), Dahlan Iskan (Partai Demokrat), Hatta Rajasa (Partai Amanat Nasional), dan Suryadharma Ali (Partai Persatuan Pembangunan).

Sementara nama Jusuf Kalla tak masuk dalam lima besar sebagai figur yang pantas mendampingi mantan Walikota Surakarta itu.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Haryanto mengatakan, sosok Mahfud menjadi pilihan karena memiliki koherensi karakter dengan santri. Mahfud, kata dia, cocok untuk dinegosiasikan karena dapat diterima oleh parpol-parpol lain.

"Jadi sangat bisa dipertimbangkan untuk dimajukan dalam pasar pemilu," katanya.
Survei kuantitaf ini dilaksanakan sepanjang bulan Januari hingga Februari 2014 terhadap 36 pondok pesantren di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur, kecuali Madura.

Metode pengumpulan data dari responden dilakukan melalui kuesioner. Responden dipilih secara acak dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 583 responden. Tingkat kepercayaan survei ini sekitar 95 persen dengan margin of error sekitar 5 persen. Survei disebut dibiayai sendiri dari Centre of Survey Research and Data Analysis STAIN Salatiga.

Penulis : Rahmat Fiansyah , Editor : Sandro Gatra
KOMPAS.com - Senin, 7 April 2014 | 13:49 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger